Pembelajaran Bahasa Jepang Daring Pada Siswa Pasraman Prabha Budaya Denpasar

Authors

  • I Wayan Saka Adi Permana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Meidariani ani Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Gede Parameswara Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.265

Keywords:

bahasa Jepang, daring, pembelajaran

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak kepada kehidupan masyarakat. Pembatasan kegiatan yang ditetapkan pemerintah membuat masyarakat dianjurkan untuk dirumah dan membatasi kegiatan. Pendidikan formal dan informal pun mengalami perubahan sistem pendidikan yang mengharuskan para siswa belajar secara daring dari rumah. Oleh karena diterapkan PSBB oleh pemerintah Bali maka dirancang kegiatan pengabdian berupa pelatihan bahasa Jepang secara daring pada Pasraman Prabha Budaya Denpasar. Permasalahan mitra adalah kurangnya penguasaan bahasa asing siswa di Pasraman Budaya sehingga sulit berinteraksi dengan wisatawan Jepang yang menonton pertunjukkan mereka. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan skill siswa pasraman dalam bidang bahasa Jepang agar dapat berkomunikasi secara sederhana memperkenalkan budaya Bali kepada wisatawan Jepang. Dengan mempelajari bahasa Jepang diharapkan sebagai bekal bagi mereka dalam menghadapi persaingan di tingkat global yang semakin ketat dan kompetitif. Model pembelajaran adalah perkenalan kosakata bahasa Jepang meliputi ungkapan salam, verba yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, adjektiva untuk mengekspresikan keadaan dan sifat benda, kosakata budaya. Selain perkenalan kosakata juga diperkenalkan pola kalimat sederhana untuk mengungkapkan ekspresi, menunjukkan benda dan kegemaran. Hasil pembelajaran daring ini menunjukkan bahwa siswa mampu mengucapkan salam dan ungkapan sehari-hari bahasa Jepang. Selain itu siswa  mampu merespon setiap pertanyaan yang berhubungan dengan identitas diri dan kegemaran yang ditanyakan oleh pengajar.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Saka Adi Permana, I. W., ani, N. W. M., & Parameswara, I. P. G. (2021). Pembelajaran Bahasa Jepang Daring Pada Siswa Pasraman Prabha Budaya Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 33-41. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.265

Issue

Section

Articles