Aplikasi Quizizz Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Online

Authors

  • I Nyoman Adi Susrawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar
  • Ni Luh Anita Purnama Yanti Prodi Ilmu Hukum, FH Unmas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.291

Keywords:

pembelajaran online (daring), aplikasi quizizz, media pembelajaran

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa perubahan yang sangat signifikan dalam bidang pendidikan. Proses pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka/offline (luring) kini berubah menjadi pembelajaran secara online (daring). Berbagai persoalan muncul ketika proses pembelajaran dilaksanakan secara online, salah satu diantaranya adalah kurangnya pemahaman guru dalam memilih dan mengimplementasikan media pembelajaran aplikatif untuk pemberian penugasan dan penilaian hasil belajar siswa di SD Negeri 14 Pemecutan. Menyikapi persolan tersebut, tim pelaksana Pengabdian pada Masyarakat (PkM) memberikan alternatif solusi dengan memberikana keterampilan kepada para guru dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz sebagai salah satu media penunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi. Kegiatan PkM ini dilakukan melalui metode penyuluhan (edukasi), pelatihan, dan pendampingan. Secara umum kegiatan PkM berjalan dengan baik dan lancar. Para guru di SD Negeri 14 Pemecutan telah memiliki pemahaman dan keterampilan yang komprehensif dalam memanfaatkan dan mengoperasikan media aplikasi Quizizz dalam memberikan tugas atau dan evaluasi hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-11-28

How to Cite

Susrawan, I. N. A., Wedasuwari, I. A. M., & Purnama Yanti, N. L. A. (2021). Aplikasi Quizizz Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Online. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(1), 46-50. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.291

Issue

Section

Articles