Peningkatan Kemampuan Penjualan E-Commerce Pada Kelompok Tani Desa Pelaga

Authors

  • IGKG PURITAN WIJAYA ADH Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Ngurah Wikranta Arsa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Arya Budhi Saputra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Erma Sulistyo Rini Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ricky Aurelius Nurtanto Diaz Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Agung Ngurah Indra Muliawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Kusa Satrialandipa Putra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Wayan Eka Puput Novianti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Bagus Jatem Kamandalu Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Wardhiana
  • Rai dwiki purwa mahendra
  • Dewa Putu Adi Krisna Dewantara
  • Komang Nova Triana Cipta
  • Ni Made Damayanti
  • Tri Aditya Agustiawan
  • Ida Ayu Candra Pradnya Dewi
  • Ni Putu Ady Oka Anjani
  • I Komang Adi Pratama Yuda
  • I Kadek Bintang Mandala Dwita
  • Rizky Sudiantoro
  • I Made Bhaskara Gautama Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Surya Adi Putra SMK N 1 Petang

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.294

Keywords:

e-commerce, Pertanian, Pelaga, Kelompok Tani

Abstract

Pasca kegiatan PHP2D 2020, Tim Pelaksana UKM Himatography ITB STIKOM Bali melakukan monitoring terhadap Kelompok Tani Desa Pelaga. Kelompok Tani Desa Pelaga masih mengalami kesulitan dengan melakukan penjualan hasil tani melalui website e-commerce dan marketplace sehingga pemasaran melalui media online tersebut masih belum mencapai target yang diinginkan dan juga penempatan produk hasil tani yang masih terpusat mengakibatkan sulitnya pendistribusian produk kepada konsumen. Melalui kegiatan P3D 2021, Tim Pelaksana UKM Himatography ITB STIKOM Bali melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan manajemen website e-commerce dan marketplace yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kelompok tani dalam pemasaran produk melalui media online. Hasil dari kegiatan tersebut yaitu meningkatnya engagement Instagram dan meningkatnya transaksi yang terjadi pada beberapa marketplace. Untuk mendukung pendistribusian produk dilakukan kerjasama dengan lembaga lokal yaitu Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung pada program Badung Go Tani serta Iwaka Mart untuk membuka booth pemasaran Plagro.id

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

PURITAN WIJAYA ADH, I., Wikranta Arsa, I. G. N., Budhi Saputra, I. M. A., Sulistyo Rini, E., Pivin Suwirmayanti, N. L. G., Nurtanto Diaz, R. A., Indra Muliawan, I. G. A. N., Satrialandipa Putra, I. P. K., Eka Puput Novianti, N. W., Kamandalu, I. B. J., Wardhiana, I. P., mahendra, R. dwiki purwa, Dewantara, D. P. A. K., Cipta, K. N. T., Damayanti, N. M., Agustiawan, T. A., Dewi, I. A. C. P., Anjani, N. P. A. O., Yuda, I. K. A. P., Dwita, I. K. B. M., Sudiantoro, R., Gautama, I. M. B., & Putra, I. M. S. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Penjualan E-Commerce Pada Kelompok Tani Desa Pelaga. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(1), 65-70. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.294

Issue

Section

Articles