Pengelolaan Pemasaran Online Produk Pertanian Desa Pelaga

Authors

  • I G K G Puritan W A Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Agung Ngurah Indra Muliawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Kusa Satrialandipa Putra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Wayan Eka Puput Novianti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Bagus Jatem Kamandalu Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Wardhiana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Rai Dwiki Purwa Mahendra
  • Dewa Putu Adi Krisna Dewantara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Komang Nova Triana Cipta Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Made Damayanti
  • Tri Aditya Agustiawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Ayu Candra Pradnya Dewi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Putu Ady Oka Anjani Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Suardika Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.226

Keywords:

pertanian, penjualan daring, pemasaran online, Pelaga

Abstract

Desa Pelaga memiliki potensi alam yang baik. Pemanfaatan perkebunan sebagai agrowisata sangat berpotensi dalam perkembangan pariwisata desa tersebut. Konsep agrowisata yang menawarkan panorama perkebunan yang tertata rapi dan berbagai macam tanaman yang bernilai ekonomis tinggi. Ketika pembelian dari hotel dan restoran terhenti, pembelian dari konsumen lokal justru meningkat, terutama yang menggunakan aplikasi pasar daring (online market). Persoalannya masih belum banyak anggota komunitas tani yang mengetahui cara penggunaan pemasaran produk-produk taninya melalui online market terutama di Desa Pelaga Kecamatan Petang. Bersamaan dengan persoalan itu, penjualan online cukup berpengaruh terhadap pendapatan UMKM. Edukasi pengelolaan dalam pasar online diperlukan untuk produk mereka agar dikenal masyarakat luar daerah, konten digital terutama promosi melalui internet sangat berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk secara daring. Langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah tersebut adalah melalui kegiatan-kegiatan berupa penyediaan wadah pemasaran secara daring, pelatihan pembuatan konten digital produk-produk pertanian, dan pelatihan penjualan produk melalui e-commerce. Hasil dari kegiatan-kegiatan tersebut berupa peningkatan 100% kemampuan para kelompok tani Green Fresh Pelaga dalam membuat konten-konten digital, peningkatan 100% kemampuan menjual produk secara daring dan komunitas tani desa Pelaga kini memiliki wadah penjualan secara daring melalui www.plagro.id.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Puritan W A, I. G. K. G., Indra Muliawan, I. G. A. N., Satrialandipa Putra, I. P. K., Eka Puput Novianti, N. W., Jatem Kamandalu, I. B., Wardhiana, I. P., Purwa Mahendra, R. D., Adi Krisna Dewantara, D. P., Triana Cipta, K. N., Damayanti, N. M., Aditya Agustiawan, T., Pradnya Dewi, I. A. C., Ady Oka Anjani, N. P., & Suardika, I. G. (2020). Pengelolaan Pemasaran Online Produk Pertanian Desa Pelaga. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 81-86. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.226

Issue

Section

Articles