Pengembangan Usaha dan Rebranding Produk Yuki Brownies

Authors

  • Ni Wayan Deriani Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Made Astiti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Komang Try Adi Stanaya Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.215

Keywords:

Rebranding, Kemasan, Desain Produk

Abstract

1Yuki brownies memiliki kendala terkait sarana dan prasarana produksi yaitu mesin panggang yang dimiliki hanya satu buah saja, varian produk yang dimiliki hanya dua yaitu cake pisang dan brownies, serta di dalam manajemen usahanya juga belum dilakukan dengan baik. Pengabdian masyarakat terdiri atas beberapa kegiatan, yaitu pemberian satu buah alat panggang/mesin oven, melakukan pengembangan varian produk yuki brownies dengan membuat varian baru dari yuki brownies, dan yang terakhir adalah melakukan rebranding product dari yuki brownies. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi dan pendampingan pembuatan varian baru dari produk yuki brownies, melakukan rebranding kemasan, logo, desain pembungkus serta sosialisasi manajemen pengemabangan usaha yuki brownies. Output pengabdian berupa dihasilkannya desain kemasan, varian jenis baru dari produk yuki brownies, dan adanya pengetahuan yang dimiliki oleh mitra dalam hal pengembangan usaha yuki brownies, hasil evaluasi efektivitas pelaksanaan pengabdian dapat dilihat dari data penjualan produk mitra yang diukur dari bulan Februari – Mei 2020 sebesar Rp 9.200.000 di mana dari penjualan tersebut terdiri 13% di bulan pebruari, 19% di bulan maret, 25% di bulan april dan 43% di bulan mei 2020, hal tersebut menunjukkan peningkatan setiap bulannya. Desain baru terutama untuk kemasan dan tas belanja telah mengurangi penggunaan plastik hingga 75%, dan hal ini berdampak baik bagi lingkungan. Bantuan satu buah mesin panggang/oven telah memenuhi jumlah pesanan hingga 100%. Dapat disimpulkan bahwa jumlah produksi bisa meningkat 50%., 2 Gede Herdian Setiawan

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Deriani, N. W., Astiti, N. M., & Try Adi Stanaya, I. K. (2020). Pengembangan Usaha dan Rebranding Produk Yuki Brownies. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 6-12. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.215

Issue

Section

Articles