Pelatihan Pengenalan Peran Robotika dalam Manajemen Energi Listrik Bagi Siswa SMAN 1 Negara

Authors

  • I Gede Eka Wiantara Putra Politeknik Nasional Denpasar
  • I Ketut Putu Suniantara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Gede Suwardika Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.223

Keywords:

Robotika, manajemen, energi-listrik

Abstract

Kebutuhan energi listrik oleh masyarakat baik skala nasional maupun internasional semakin meningkat, namun ketersediaan energi listrik sangat terbatas. Hal ini memunculkan berbagai ide dan upaya pemenuhan kebutuhan energi listrik bagi masyarakat, baik melalui konversi sumber daya fosil maupun terbarukan. Bidang ilmu elektronika yang difokuskan pada bagian robotika memiliki peran yang sangat penting dalam optimasi efektivitas konversi energi tersebut. Selain penguatan sumber daya manusia pada bidang elektronika, diperlukan upaya lainnya seperti penyuluhan dan/atau sosialisasi tentang pentingnya peran elektronika robotika untuk optimasi penggunaan dan penerapan teknologi konversi energi. Bagi siswa SMA, hal ini sangat diperlukan sebagai referensi utama dalam mempersiapkan bibit-bibit SDM yang berperan dalam upaya optimasi energi listrik untuk masa depan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, siswa diberikan penyuluhan dan pelatihan terkait peran elektronika robotika dalam manajemen energi listrik. Kegiatan yang telah dilaksanakan di SMAN 1 Negara dan diikuti oleh 36 peserta ini, memberikan respon yang baik. Selain kegiatan penyuluhan dan pelatihan, dilaksanakan penyerahan dua paket modul microcontroller yang diharapkan mampu memediasi siswa dalam belajar robotika. Dengan demikian, siswa memperoleh bekal pengetahuan dan mampu menentukan perannya masing-masing di masa depan.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Wiantara Putra, I. G. E., Suniantara, I. K. P., & Suwardika, G. (2020). Pelatihan Pengenalan Peran Robotika dalam Manajemen Energi Listrik Bagi Siswa SMAN 1 Negara. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 62-67. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.223

Issue

Section

Articles