Pelatihan Promosi Penjualan Kentang Melalui Fan Page Facebook

  • Ni Nyoman Supuwiningsih
  • Asti Cintya Udayani
Keywords: Facebook, Fan Page, Kentang, Media sosial

Abstract

Facebook merupakan salah satu media sosial yang terbesar saat ini, berdasarkan data tahun
2017 Indonesia termasuk pengguna facebook ke-4 terbesar. Selain untuk sosial media yaitu
berkenalan dengan teman baru maupun bertemu dengan teman lama, facebook juga berfungsi
sebagai wadah untuk promosi barang-barang yang akan dijual secara online. Berdasarkan
fungsi facebook sebagai media untuk promosi penjualan maka hal ini memberikan
kesempatan yang luas bagi pedagang yang berjualan secara konventional beralih jualan
melalui media online untuk meningkatkan penjualan dan pangsa pasar secara luas karena
pengguna facebook yang semakin banyak. Media online merupakan solusi untuk mengatasi
permasalahan sesuai analisis situasi di lokasi pengabdian masyarakat mengenai penjualan
kentang di pasar induk Baturiti yang masih dilakukan secara konventional yaitu penjualan
yang hanya menjangkau wilayah sekitar saja dan laporan penjualan masih dilakukan secara
manual. Selain itu laporan penjualan masih dilakukan secara manual yaitu dicatat dalam buku
sehingga tidak teratur dan rentan terhadap kehilangan catatan penjualan. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut maka dilakukan pelatihan mengenai cara memanfaatkan media sosial
dalam memasarkan kentang dan melakukan pendampingan dalam pembuatan promosi fan
page facebook dengan berbayar yang dapat menjangkau orang yang melihat iklan sesuai
dengan anggaran promosi dan pelatihan pembuatan laporan penjualan terkomputerisasi
menggunakan Microsoft Excel agar laporan penjualan lebih teratur dan dapat tersimpan
dengan baik.

Published
2019-11-30
How to Cite
Supuwiningsih, N. N., & Cintya Udayani, A. (2019). Pelatihan Promosi Penjualan Kentang Melalui Fan Page Facebook. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 20-24. Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/127
Section
Articles