PEDOMAN PENULISAN

WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer

PERSYARATAN UMUM. Naskah harus berupa tulisan asli mengenai hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut meliputi implementasi hasil penelitian, aplikasi teknologi tepat guna, diseminasi inovasi, dan pengembangan model pemberdayaan masyarakat. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan belum pernah dimuat di dalam jurnal ilmiah internasional maupun nasional. Naskah harus mengikuti format yang ditentukan dalam jurnal ini.


CAKUPAN. Naskah yang dapat diterima berhubungan dengan teknologi informasi, ekonomi dan manajemen, ilmu sosial humaniora, ilmu linguistik.


PENGIRIMAN. Penulis diminta mengirimkan satu eksemplar naskah asli beserta dokumen (softfile) dari naskah asli tersebut yang harus disiapkan dengan program Microsoft Word. Naskah dan softfile dikirimkan kepada:


Redaksi WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer
STMIK STIKOM BALI
Jl. Raya Puputan No. 86 Renon Denpasar, BALI
Email : jurnalwidyabhakti@stikom-bali.ac.id


FORMAT TULISAN. Naskah diketik dua spasi pada kertas HVS ukuran A4 dengan spasi 1 dan huruf bertipe Times New Roman berukuran 12 point. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan. Gambar dan Tabel dikelompokkan bersama di bagian akhir naskah pada lembaran terpisah. Naskah ditulis tidak lebih dari 15 halaman (termasuk Gambar dan Tabel).

Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut:

  1. Judul: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, judul artikel harus spesifik dan efektif (maksimal 15 kata)
  2. Nama Lengkap Penulis, Nama penulis lengkap tanpa gelar, penulis untuk korespondensi.
  3. Nama Lembaga/Institusi: Nama Departemen dan Universitas disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos.
  4. Abstrak: dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, masing-masing tidak lebih dari dari 250 kata.
  5. Kata Kunci (keywords): ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris terdiri atas tiga sampai lima kata yang diletakkan di bawah abstrak/abstract dan kata kunci dituliskan menurut abjad.
  6. Pendahuluan: berisi latar belakang kegiatan yang dilakukan dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Pada pendahuluan ini juga disertakan tujuan kegiatan yang dituliskan pada akhir bab.
  7. Metode: berisi lokasi dan partisipan kegiatan, bahan dan alat, metode pelaksanaan kegiatan, metode pengumpulan data, pengolahan dan analisis data.
  8. Hasil dan Pembahasan: disajikan dalam bentuk teks, Tabel maupun Gambar. Hasil dan pembahasan berisi pelaksanaan kegiatan, kendala yang dihadapi, dampak dan upaya keberlanjutan kegiatan.
  9. Simpulan: memuat makna hasil kegiatan dan jawaban atas tujuan kegiatan serta saran atau rekomendasi kebijakan untuk keberlanjutan program.
  10. Ucapan Terima kasih (bila diperlukan): dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana kegiatan yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi.

Sistem format penulisan daftar pustaka dan referensi untuk WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer menggunakan Gaya Penulisan Harvard, yaitu (a) Sumber kutipan dinyatakan dalam karya ilmiah harus ada dalam Daftar Pustaka, dan sebaliknya; (b) Literatur yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka hanya literatur yang menjadi rujukan dan dikutip dalam karya ilmiah; (c) Daftar Pustaka ditulis/diketik satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor; (d) Jika literatur ditulis oleh satu orang, nama penulis ditulis nama belakangnya lebih dulu, kemudian diikuti singkatan )inisial) nama depan dan nama tengah, dilanjutkan penulisan tahun, judul dan identitas lain dari literatur/ pustaka yang dirujuk; (e) Jika penulis lebih dari dua orang, nama penulis pertama ditulis seperti aturan “d”, dilanjutkan penulisan nama penulis kedua dan seterusnya sebagai berikut: nama depan dan nama tengah (disingkat) dilanjutkan nama belakang. (Untuk penulis kedua dan seterusnya, penulisan nama depan/tengah (singkatan) dan nama belakang tidak perlu dibalik seperti penulis pertama); (f) Penulisan Daftar Pustaka tidak boleh menggunakan et al. Sebagai penggati nama penulis kedua dan seterusnya (g) Cara penulisan setiap Daftar Pustaka berbeda-beda dan sesuai dengan jenis literatur/pustaka yang menjadi referensi.


Singkatan dan Lambang. Gunakan singkatan dan lambang untuk menghemat tempat. Penggunaan singkatan dan lambang yang berlebihan akan membuat artikel sulit dibaca. Bulan yang didahului oleh tanggal dan diikuti oleh tahun disingkat atas tiga huruf pertama, kecuali Mei, Juni, dan Juli. Bulan ditulis lengkap ketika ditulis sendiri (tanpa tanggal dan tahun). Gunakan tanda % jika didahului angka; selain itu, tulisan persen atau persentase. Gunakan lambang yang sudah dikenal untuk unsur-unsur kimia. Beberapa singkatan yang umum dipergunakan adalah: r untuk koefisien korelasi, CV untuk koefisien keragaman, S2 untuk ragam contoh. Singkatan-singkatan yang lain dapat digunakan jika setiap singkatan diberikan definisinya sewaktu pertama kali disebut pada naskah.


Waktu dalam Hari dan Tanggal. Gunakan sistem 24 jam dengan empat digit, dua yang pertama untuk jam dan dua berikutnya untuk menit (contoh, pukul 14:30 untuk 2:30 siang). Penulisan tanggal adalah sebagai berikut: tanggal, bulan dan tahun (contoh, 10 Jan, 1990).


Tabel. Penomoran Tabel adalah berurutan. Untuk catatan kaki, gunakan angka dan diikuti dengan kurung tutup, dan ketik di atas huruf (superscript). Tanda bintang satu (*) atau (**) digunakan untuk menunjukkan tingkat nyata, yang berturut-turut menunjukkan tingkat kepercayaan 1 dan 5%. Jangan mengulang keterangan di dalam teks jika keterangan tersebut telah terkandung pada peta atau gambar.


Gambar. Gambar dan grafik dibuat dengan ukuran lebar (sisi horisontal) minimum 85 mm dan maksimum 170 mm, warna grey scale, dengan format yang bisa diedit.


Daftar Pustaka. Daftar pustaka memuat pustaka yang dipublikasikan atau tidak dipublikasikan, tetapi laporan yang tidak dipublikasikan itu tersedia, seperti tesis dan disertasi. Rujukan kepada data yang tidak diterbitkan, komunikasi pribadi dan laporan yang tidak tersedia,  harus ditunjukkan dalam kurung di catatan kaki. Daftar pustaka dan jurnal harus mencantumkan semua nama penulis, tahun, judul yang lengkap, nama publikasi, nomor volume, dan nomor halaman. Untuk buku, tulis nama semua penulis, editor (jika ada), tahun, judul yang lengkap, penerbit, dan tempat penerbit serta jumlah halaman.