Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Media Pemasaran Pada IRT Jajan Tradisional Bali

  • Ida Bagus Ketut Surya Arnawa
  • I Made Budi Adnyana
  • I Gst Bagus Indra Kumara
Keywords: Pemasaran, manajemen keuangan, jajan tradisional bali

Abstract

Jajanan tradisional Bali terdiri dari berbagai macam jenis diantaranya Pisang Rai, Klepon dan
Laklak. Jajanan tradisional tersebut sangat mudah ditemukan di pasar tradional dan di
pinggiran jalan raya maupun juga dapat dibeli secara langsung ke industri rumahan yang
memproduksi berbagai macam jajanan tradisional tersebut di IRT Ibu Ni Wayan Sudani yang
berlokasi di Tabanan. Semakin maraknya keberadaan makanan siap saji membuat peminat
jajanan tradisional mulai berkurang. IRT Ni Wayan Sudani mulai dirintis 4 tahun yang lalu.
Dalam menjalankan usahanya Ni Nyoman Sudani dibantu suaminya serta dibantu 1 orang
tetangganya. Usaha Ibu Sudani banyak memerlukan tenaga pada saat ada pesanan jajanan
tradisioanl dalam jumlah yang banyak, jika tidak ada pesanan usaha cukup dikerjakan oleh
Ibu Sudani dan suaminya. Usaha Ibu Sudani menghasilkan jajanan tradisional berupa Klepon,
Laklak dan Pisang Rai dengan jumlah produksi perhari menghabiskan 2 kg tepung terigu
maupun tepung beras, namun beberapa bulan terakhir usaha Ibu Sudani mengalami
penurunan pesanan yang disebabkan banyaknya pesaing yang membuka usaha yang sejenis.
Untuk pemasaran Ibu Sudani menjajakan hasil usahanya dipinggiran jalan By Pass Nyanyi.
Omzet perhari dari IRT ini adalah 100.000 per hari. Mitra pengabdian memiliki hambatan
dan harapan yaitu mitra Ni Wayan Sudani ingin produknya dikenal oleh masyarakat luas
dengan dan mengetahui pendapatan serta keuntungan dari usaha yang dijalankan
menggunakan ICT sebagai perantaranya. Hasil dari kegiatan pengabdian ini peserta mampu
memanfaatkan ICT khususnya internet sebagai media pemasaran hasil produk IRT Jajan
Tradisional Bali dan mampu membuat manajemen keuangan. Hal ini dapat dilihat dari
kemampuan peserta pelatihan yang sudah bisa menggunakan dan memasang iklan produk
IRT Jajan Tradisional Bali serta sudah dapat melakukan manajemen keuangan dengan
memanfaatkan Microsoft office excel.

Published
2019-11-30
How to Cite
Surya Arnawa, I. B. K., Budi Adnyana, I. M., & Indra Kumara, I. G. B. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Media Pemasaran Pada IRT Jajan Tradisional Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 31-36. Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/129
Section
Articles