Pelatihan Pembuatan Alat Pembelajaran Edukatif untuk Peningkatan Profesionalisme Guru Tk Aisyiyah di Kota Medan

  • Mutia Febriyana
  • Dian Novianti Sitompul
Keywords: Pembuatan Alat Pembelajaran Edukatif, Profesionalisme Guru TK Aisyiah

Abstract

Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) merupakan bagian dari Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi yakni Pasal 1 Ayat 9 sebagai bagian penting sivitas akademika. Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bersama Mahasiswa mengadakan pelatihan pembuatan alat pembelajaran edukatif bagi Guru Taman Kanak-kanak Aisyiyah di Kota Medan. Tujuan kegiatan ini agar guru-guru TK Aisyiyah di kota Medan memiliki pengetahuan dan keterampilan membuat alat pembelajaran edukatif yang dapat digunakan sebagai sarana sekaligus media pembelajaran untuk meningkatkan profesionalisme sehingga pelaksanaan pembelajaran bagi siswa TK Aisyiyah menjadi unggul dan berkualitas. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah: (1) Ceramah Tanya jawab terkait pembekalan dasar berupa transfer ilmu pengetahuan dan pengalaman praktis tentang berbagai teknologi sederhana tentang pembuatan alat pembelajaran edukatif yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, (2) Workshop, demonstrasi dan pemberian tugas latihan secara berkelompok membuat Alat Pembelajaran Edukatif, (3) Simulasi untuk menguji cobakan alat pembelajaran edukatif, dan (4) Diskusi untuk melakukan evaluasi dan mendapatkan umpan balik tentang proses maupun hasil kegiatan.

Published
2020-03-31
How to Cite
Febriyana, M., & Novianti Sitompul, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Pembelajaran Edukatif untuk Peningkatan Profesionalisme Guru Tk Aisyiyah di Kota Medan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 61-68. Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/162
Section
Articles