Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Media Pemasaran Pada IRT Rujak Tibah

  • Ida Bagus Ketut Surya Arnawa
  • I Made Budi Adnyana
  • Ida Ayu Gede Wiwik Purnamayanti
Keywords: Rujak tibah, kuliner bali, mengkudu

Abstract

Salah satu kuliner yang banyak tersedia di Kabupaten Tabanan yaitu kuliner Rujak Tibah. Adapun komposisi dari Rujak Tibah terdiri dari buah mengkudu, air, gula pasir dan cabai. Buah mengkudu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan di antaranya menurunkan demam, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah, mengurangi stres dan masih banyak lagi manfaat yang terdapat dalam buah mengkudu. IRT Ni Wayan Sumartini sudah memulai usaha pembuatan Rujak Tibah sejak 3 tahun yang lalu. Beberapa bulan terakhir omset usaha mitra mengalami penurunan yang disebabkan banyaknya mucul pesaing yang memiliki usaha yang sejenis. Hasil olahan buah mengkudu yang berupa Rujak Tibah dipasarkan dipinggir jalan Raya Tanah Lot. Omset perbulan dari mitra ini sekitar 5.500.000/bulan. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra, perlu dilaksanakan pelatihan ICT untuk memasarkan produk mitra secara online untuk memperluas pangsa pasar. Hasil dari kegiatan pengabdian ini peserta mampu memanfaatkan ICT khususnya internet sebagai media pemasaran hasil produk IRT Rujak Tibah. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan peserta pelatihan yang sudah bisa menggunakan dan memasang iklan produk IRT Rujak Tibah.

Published
2020-03-31
How to Cite
Surya Arnawa, I. B. K., Adnyana, I. M. B., & Wiwik Purnamayanti, I. A. G. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Media Pemasaran Pada IRT Rujak Tibah. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 107-111. Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/169
Section
Articles