PKM Pembuatan Logo Dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Social Media Pada Pabrik Roti "HM" Karangasem

  • Anggun Nugroho
  • I Gusti Ngurah Nyoman Bagiarta
  • Joko Santoso
Keywords: pelatihan, pemasaran, sosial media

Abstract

Roti merupakan makanan ringan yang cukup banyak penggemarnya. Selain dikenal karena harganya yang murah, juga karena ia dapat bertahan selama beberapa hari. Roti bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi alternatif untuk mengisi perut sebagai pengganti makanan utama atau sekedar menahan lapar sebelum mengkonsumsi makanan pokok. Pabrik roti HM yang berkedudukan di kampung Bangras, desa Karangasem, kecamatan Karangasem kabupaten Karangasem, merupakan usaha yang berawal dari usaha keluarga. Saat ini desain merk dan logo masih terkesan asal-asalan dan kurang menarik. Demikian juga mengenai kemasannya menggunakan logo yang seadanya. Disamping itu pula, pabrik roti ini dikelola secara konvensional meskipun memiliki omset penjualan yang stabil dari tahun ke tahun. Usaha pabrik roti ini belum memiliki logo yang baku dan menarik, yang hanya berupa tulisan singkatan dari nama istri bapak Mukhlis yaitu HM. Selama ini mereka memasarkan produknya hanya melalui sales keliling dari toko ke toko dan warung-warung serta dari informasi personal, sehingga order belum maksimal. Dalam 1 bulan omset maksimum  sebesar 20 juta rupiah. Seiring dengan persaingan pasar yang semakin ketat dan untuk menguatkan brand produk, maka dibutuhkan desain Logo dan kemasan yang lebih baik dan menarik sehingga meningkatkan daya saing produk. Demikian juga diperlukan strategi pemasaran baru yang memanfaatkan internet dan social media agar dapat menjangkau calon konsumen lebih luas. Dihasilkan desain logo yang lebih menarik yang dapat menjadi media branding untuk meningkatkan daya Tarik dan kemasan dengan penampilan yang higienis. Penerapan pemasaran berbasis social media berhasil meningkatkan omset penjualan sekitar 25% dari sebelumnya.

Published
2020-03-31
How to Cite
Nugroho, A., Nyoman Bagiarta, I. G. N., & Santoso, J. (2020). PKM Pembuatan Logo Dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Social Media Pada Pabrik Roti "HM" Karangasem. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 117-122. Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/171
Section
Articles