Pemartabatan Bahasa Indonesia dan Literasi Digital di SMK Pariwisata Bedulu

  • Ni Nyoman Ayu Suciartini
  • Gusti Ayu Dessy Sugihartini
Keywords: Bahasa Indonesia, literasi, pemartabatan

Abstract

SMK Pariwisata Budaya Bedulu berpotensi menjadi sekolah yang unggul dalam menjaga sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia dan gerakan literasi digital secara berkelanjutan. Terbatasnya sosialisasi membuat sekolah ini kurang percaya diri dalam mengembangkan sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia dan melakukan aktivitas literasi secara digital. Permasalahan yang terjadi di SMK Pariwisata Budaya Bedulu adalah tidak adanya dokumentasi dan sumber belajar dalam mendukung kegiatan pemartabatan bahasa Indonesia di ruang publik dan kurang aktifnya gerakan literasi digital di sekolah ini. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat STIKOM Bali berkolaborasi dengan SMK Pariwisata Budaya Bedulu untuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi guna meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan. Kegiatan dimulai dengan sosialisasi, pelatihan klinik penulisan sebagai upaya dalam penyelenggaran literasi digital dan juga mensosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Indikator pencapaian kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan dalam menggunakan bahasa Indonesia dan juga peserta dapat menuangkan gagasan kreatif sebagai bagian dari Gerakan literasi digital. Hasil pengabdian ini berupa modul kegiatan pemartabatan bahasa Indonesia dalam bentuk kartu Bahasa Indonesia dan juga klinik penulisan literasi digital.

Published
2020-03-31
How to Cite
Ayu Suciartini, N. N., & Dessy Sugihartini, G. A. (2020). Pemartabatan Bahasa Indonesia dan Literasi Digital di SMK Pariwisata Bedulu. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 123-128. Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/172
Section
Articles