Digitalisasi Pencatatan Penjualan Industri Rumah Tangga My-Popcorn di Denpasar Bali

  • I Gusti Ngurah Ady Kusuma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ricky Aurelius Nurtanto Diaz Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
Keywords: digitalisasi, my-popcorn, industri rumah tangga

Abstract

My-Popcorn merupakan salah satu produk industri rumah tangga yang bergerak di bidang produksi makanan kecil atau ringan yaitu popcorn. Industri rumah tangga yang dinamai dengan nama ‘My-Popcorn’ ini merupakan industri yang sudah berjalan kurang lebih selama 1 (satu) tahun. Industri rumah tangga ini dirintis oleh Ibu Gusti Ayu Aghivirwiati. Produksinya sendiri dalam sebulan antara 700 sampai 800 produk dengan omset sekitar Rp 8.000.000 per bulan. Untuk pemasaran produk, Ibu Aghi mengandalkan Instagram dalam memasarkan produknya dan juga menggunakan sistem reseller (penjual kembali). Setiap reseller memiliki perjanjian kesepahaman termasuk penentuan bonus, hadiah, maupun harga pokok special yang didapatkan berdasarkan data pembelian reseller. Namun, saat ini mitra hanya menggunakan catatan secara manual untuk mencatat pembelian oleh masing-masing reseller. Metode yang dilakukan adalah dengan substitusi IPTEK yaitu mengganti mekaniskme pencatatan penjualan mitra. Untuk itu pada kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan pemberian aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan mitra dalam mencatat penjualan. Hasil yang didapatkan mitra sangat terbantu dengan aplikasi tersebut dan dan telah menunjukan kemandirian dalam penggunaan aplikasi tersebut. Diharapkan dengan aplikasi ini dapat memberikan efisiensi dalam menampilkan, pengolahan maupun pencarian data penjualan dari penjualan umum maupun kepada reseller

Published
2020-12-30
How to Cite
Ady Kusuma, I. G. N., & Nurtanto Diaz, R. A. (2020). Digitalisasi Pencatatan Penjualan Industri Rumah Tangga My-Popcorn di Denpasar Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 32-37. Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/219
Section
Articles