Pendampingan Literasi Budaya Baca di Panti Asuhan Tat Twam Asi

  • Ida Ayu Made Wedasuwari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Bambang Erawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Sintia Wulandari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Pendampingan, Literasi, Panti Asuhan

Abstract

Kebiasaan literasi sangat penting untuk dibina oleh anak-anak untuk membantu di dalam menambah wawasan, namun kenyataannya masih banyak anak-anak yang tidak gemar membaca sehingga literasi budaya baca belum tumbuh dengan baik di tengah-tengah masyarakat. Untuk itulah pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan menggunkan metode observasi, wawancara, pendampingan, pemantauan, dan evaluasi. Langkah-langkah pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini antara lain: edukasi pentingnya kebiasaan membaca bagi anak-anak panti, pendampingan literasi dan memotivasi anak-anak panti untuk gemar membaca. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini secara keseluruhan telah berlangsung secara efektif dan memberikan dampak positif terhadap kegitan literasi budaya baca anak-anak panti.

Published
2021-04-21
How to Cite
Wedasuwari, I. A. M., Adi Susrawan, I. N., Bambang Erawan, D. G., & Dwi Sintia Wulandari, N. M. (2021). Pendampingan Literasi Budaya Baca di Panti Asuhan Tat Twam Asi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(2), 54-58. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.250
Section
Articles