Peningkatan Literasi Keuangan Guru Melalui Pemanfaatan Fintech di era Digital

Authors

  • Endang Herawan Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Komarudin Komarudin Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Rina Destiana Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Misdi Misdi Universitas Swadaya Gunung Jati https://orcid.org/0000-0002-3543-0823

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.259

Keywords:

financial literacy, fintech, teachers

Abstract

Penguasaan literasi keuangan di era digital sudah menjadi kebutuhan terlebih di era new normal sekarang ini. Pembayaran dan penerimaan tunai (kas) sudah mulai berkurang. Selain itu, faktor keamanan menjadi pertimbangan tersendiri. Sayangnya, kemapuan ini masih dinilai belum dikuasai oleh guru-guru sekolah vokasi. Untuk mempercepat kemampuan literasi ini, maka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kelompok SMK PUI Kota Cirebon ini ditujukan untuk meningkatkan kecakapan literasi teknologi keuangan (FINTECH). Pendekatan yang dipakai adalah seminar yang dilaksanakan di SMK PUI Kota Cirebon. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan literasi keuangan digital di antara para guru SMK PUI Kota Cirebon. Dengan demikian, hal ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan seminar ini dapat menimbuhkan sikap positif dan berdampak pada literasi keuangan para tenaga profesional di lingkungan SMK PUI di kota Cirebon

Kata kunci: fintech, guru, literasi keuangan

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Herawan, E., Komarudin, K., Destiana, R., & Misdi, M. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan Guru Melalui Pemanfaatan Fintech di era Digital. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 42-46. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.259

Issue

Section

Articles