Promosi Online Bibit Dan Lebah Madu pada UD Mutiara

Authors
  • Evi Triandini
  • Edwar Edwar


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.47


Keywords: bibit lebah, madu, pemasaran online
Section: Articles

Abstract

Madu dikenal sebagai obat sejak ribuan tahun yang lalu. Fungsi madu adalah salah satunya sebagai antibiotic. Madu dapat disimpan dalam waktu lama karena madu memiliki tekanan osmotic sehingga dapat meningkatkan ketahanannya terhadap kerusakan strukturnya dari mikroorganisme. UD Mutiara merupakan mitra dalam kegiatan pengabdian ini. Usaha yang dimiliki oleh mitra telah berdiri sejak tahun 2012. Mitra menjual madu murni dan bibit lebah. Saat ini jumlah produk madu yang yang dijual di kalayak masih banyak yang belum menjamin keasliannya. Peluang untuk memasarkan produk madu murni milik UD Mutiara sangat tinggi mengingat jumlah produksi yang cukup banyak. Mitra telah memasarkan produknya dengan cara tradisional maupun menggunakan media social yaitu facebook. Namun keberadaan media tersebut masih belum bisa memasarkan produknya dengan cepat sehingga diperlukan media lain untuk memperluas jangkauan pemasaran produknya. Berkenaan dengan permasalahan yang dialami oleh mitra, maka solusi yang diberikan untuk mitra yaitu dengan membangun media promosi secara online yaitu laman. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu membangun media pemasaran online untuk memperluas jangkauan promosi produk sehingga memberikan manfaat bagi usaha mitra.

References

Islamika, G. (2018) Madu (1): Manfaat Madu di Dalam Al-Quran. Available at: https://ganaislamika.com/madu-1-manfaat- madu-di-dalam-al-quran/. Jull, A., N, D. (2008) ‘Randomized clinical trial of honey-impregnated dressings for venous leg ulcers.’, British Journal of Surgery. Ricardo, D. (2001) Effect of flavonoids Morin, Quercetin, and Nicotinic acid on lipid metabolism of rats experimentally fed with triton. Triandini, E., Djunaidy, A. and Siahaan, D. (2013) ‘Development of a conceptual model of E-commerce adoption for SMEs in Indonesia’, in 2013 International Conference on Information Technology and Electrical Engineering (ICITEE). Departement of Electrical Engineering and Information Technology, Faculty of Engineering, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta: IEEE, pp. 93–96. doi: 10.1109/ICITEED.2013.6676218. Triandini, E., Djunaidy, A. and Siahaan, D. (2014) ‘Determining E-commerce Adoption Level by SMEs in Indonesia Based on Customer-Oriented Benefits’, in Internatioal Conference on Information Technology, Computer and Electrical Engineering (ICITACEE2014). Diponegoro University, Semarang, Indonesia: IEEE, pp. 281–285. doi: 10.1109/ICITACEE.2014.7065757. Triandini, E., Djunaidy, A. and Siahaan, D. (2017a) ‘A Maturity Model for E- Commerce Adoption By Small And Medium Enterprises In Indonesia’, Journal of Electronic Commerce in Organization, 15(1), pp. 44–58. doi: 10.4018/JECO.2017010103. Triandini, E., Djunaidy, A. and Siahaan, D. (2017b) ‘Mapping Requirements into E-commerce Adoption Level : A Case Study Indonesia SMEs’, in The 5th International Confrencen on Information Technology for Cyber and IT Service Management. Denpasar, Bali, Indonesia, pp. 282–286. doi: 10.1109/CITSM.2017.8089273. Yaghoobi, D. (2008) ‘Natural Honey and Cardiovascular Risk Factors; Effects on Blood Glucose, Cholesterol, Triacylglycerole, CRP, and Body Weight Compared with Sucrose.’, The Scientific World Journal.

Downloads

Published
2019-03-20

How to Cite

Triandini, E., & Edwar, E. (2019). Promosi Online Bibit Dan Lebah Madu pada UD Mutiara. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 32-36. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.47