Intensifikasi Strategi Promosi UKM Balietnik Butik Berbasis Blended Promotion & Pageants

Authors
  • Dedy Panji Agustino
  • Gusti Ayu Made Arna Putri
  • Ketut Krisna Madawa


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i2.153


Keywords: Pemasaran, Fashion, Pageants
Section: Articles

Abstract

Mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah UKM Balietnik Butik yang berlokasi di Jl Jl. Bedugul, No. 31, Panjer, Denpasar. Masalah utama yang dihadapi oleh UKM Balietnik Butik adalah rendahnya pendapatan UKM diakibatkan kurang dikenalnya produk UKM Balietnik Butik di kalangan masyarakat luas. Hal ini karena Balietnik Butik hanya mempromosikan produknya secara offline melalui pelanggan dan online melalui instagram dengan gambar statis dan seadanya, sehingga tampak kurang menarik. Upaya pemecahan masalah dilakukan melalui program blended promotion berbasis pageants. Blended promotion berbasis pageants adalah cara pengenalan produk kepada khalayak umum yang dilakukan secara offline melalui fashion show dan online dengan meningkatkan kualitas postingan instagram melalui photo shoot produk dengan model para pageants (duta-duta se Bali). Secara terperinci pelaksanaan program dapat diuraikan sebagai berikut: (1) diversifikasi produk dengan merekomendasikan Balietnik Butik untuk membuat wardrobe khusus yang bisa menggambarkan karakteristik usaha (nuansa etniq), untuk sesi photoshoot. (2) Melaksanakan photoshoot produk dengan model Pro Bali Ambassador, Duta Pembangunan Bali di Desa Penglipuran, Bangli, untuk meningkatkan kualitas photo produk dalam rangka optimalisasi strategi promosi online usaha melalui instagram. (3) Melaksanakan kegiatan fashion show Balietnik Butik di Park 23 Mall, Kuta guna meningkatkan citra, eksistensi dan strategi promosi offline usaha. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah metode PALS (participatory action learning system), yakni model pemberdayaan masyarakat dengan tahapan-tahapan kegiatan, (1) penyadaran, (2) pengkapasitasan dan (3) pendampingan. Kegiatan pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan di UKM Blietnik Butik adalah telah terlaksanya intensifikasi produk, yaitu dengan pembuatan produk dengan modifikasi motif endek Bali, serta telah dilaksanakannya photoshot dengan menggunakan model dari Pro Bali Ambassador.

References

Hadijah, I. 2014. Upaya peningkatan export drive industri fashion di era globalisasi. Teknologi dan kejuruan. 37(1): 95 – 108. Mayoux, L. 2005. Participatiory Action Learning System. Training Manual. Part Sudan Association for Small Enterprise Development (PASED): Sudan Tim Penyusun. 2008. Rencana pengembangan ekonomi kreatif indonesia 2009 - 2015. Jakarta: Departeman Perdagangan Republik Indonesia.

Downloads

Published
2020-03-31

Versions

How to Cite

Panji Agustino, D., Arna Putri, G. A. M., & Krisna Madawa, K. (2020). Intensifikasi Strategi Promosi UKM Balietnik Butik Berbasis Blended Promotion & Pageants. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 7-13. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i2.153