Pelatihan Pengenalan Augmented Reality Android di SMK Negeri 1 Denpasar

Authors
  • Christina Purnama Yanti
  • N.L.Wiwik Sri Rahayu Ginantra
  • I Gede Andika


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i2.160


Keywords: Pelatihan, Augmented Reality, SMK Negeri 1 Denpasar
Section: Articles

Abstract

Sebagai salah satu sekolah yang memiliki program keahlian Teknologi Informasi, SMK Negeri 1 Denpasar tentunya siswa – siswi mendapatkan pembelajaran terkait perkembangan teknologi saat ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru, materi yang diberikan dalam pembelajaran adalah terkait pemrograman berbasis web, pemrograman berbasis desktop dan pemrograman berbasis mobile. Namun dalam pemberian materi belum diajarkan lebih jauh mengenai teknologi Augmented Reality. Kegiatan Program Aksi STIKI Peduli ini diharapkan mampu menjadi solusi atas kendala yang dihadapi oleh SMK Negeri 1 Denpasar, khususnya pemanfaatan teknologi Augmented Reality yang diterapkan pada smartphone berbasis Android untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan kreativitas dan skill siswa tentang teknologi Augmented Reality. Pelatihan dilakukan dua hari dimana total peserta pada hari pertama sejumlah 35 orang, dan pada hari kedua sejumlah 32 orang. Sebelum diadakan pelatihan, peserta diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan siswa terkait Augmented Reality. Pelatihan dievaluasi dengan memberikan post test berupa projek dimana peserta harus menyelesaikan dalam waktu 90 menit. Berdasarkan hasil post test, siswa-siswa dapat menyelesaikan projek dalam rentang waktu yang diberikan dan pada hasil kuesioner juga memberikan komentar positif terhadap kegiatan ini.

References

Haryani, Prita, and Joko Triyono. 2017. “Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat.” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 8(2): 807. Putri, Astrid Novita. 2017. “Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat ( Pkm ) Universitas Semarang Peningkatan Kreativitas Siswa Sma Institut Indonesia Dengan Pengenalan Teknologi Augmented Reality 3d Menggunakan Android.” Arifitama, Budi. 2017. "Peningkatan Keterampilan Anggota Komunitas Augmented Reality Trilogi Dengan Pelatihan Pembuatan Aplikasi Augmented Reality." Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Mustaqim, Ilmawan. 2017. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality." Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 1, No. 1.

Downloads

Published
2020-03-31

Versions

How to Cite

Purnama Yanti, C., Sri Rahayu Ginantra, N., & Andika, I. G. (2020). Pelatihan Pengenalan Augmented Reality Android di SMK Negeri 1 Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 49-53. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i2.160