IRT Donat Kentang Dusun Sampiang Gianyar

Authors
  • Gusti Ngurah Mega Nata
  • Putu Pande Yudiastra


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i2.163


Keywords: Donat Kentang, Peningkatan Produksi, Linkungan Sampiang
Section: Articles

Abstract

Donat kentang merupakan makanan olahan umbi kentang dan tepung terigu yang sudah mulai digemari dilingkungan anak sekolah maupun masyarakat umum khusunya di lingkungan Sampiang kecamatan Gianyar kabupaten Gianyar.  Kelompok masyarakat  pembuat donat kentang ini pada umumnya adalah ibu rumah tangga dan menggunakan alat sederhana yang dimiliki. Alat produksi yang masih konvensional dan sebagian besar menggunakan tangan pada saat mengaduk adonan donat. Penggunaan alat produksi modern sangat terbatas karena tidak mampu untuk membeli dan tidak tahu cara mengoperasikan. Jumlah produksi dalam satu hari yang dapat dihasilkan menggunakan peralatan konvensional hanya 105 sampai 120 pcs donat kecil atau 80 – 90 donat besar. Mitra sangat berharap mimiliki alat produksi yaitu pencampuran adonan donat sehinga jumlah produksi dapat ditingkatkan dan mempercepat proses produksi, Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu ingin meningkatkan jumlah produksi dan mempercepat proses produksi dari Donat kentang mitra.  Solusi yang diberikan yaitu peningkatan alat produksi dengan cara memberikan hibah mesin Mixer 5 liter khusus pembuatan roti, Kompor Gas, dan Pelatihan pemanfaatan alat produksi yang telah dihibahkan, Target Luaran yang telah dicapai yaitu Penambahan alat produksi sudah mencapai 100% dan peningkatan proses produksi dan kecepatan proses pembuatan adonan sampai 50% pada jumlah adonan 2 liter dan 3 liter.

References

Ahmadi, C., & Hermawan, D. (2013). E- business & e-commerce. Yogyakarta: Andi. Arnawa, I. B. K. S., Adnyana, I. M. B., & Kumara, I. G. B. I. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Media Pemasaran Pada IRT Jajan Tradisional Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 31-36. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 2(2): 69-75 75 Widyabhakti – Maret 2020 Awaluddin, M. (2015). Digital Entrepreneurshift. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama. Buana, I. K. S., & Wardana, I. G. N. (2019). PKM: Kelompok Pengerajin Berbahan Kertas Koran di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Ngayah: Majalah Aplikasi IPTEKS, 10(1), 77-84. Chan, L. A. (2009). Inspirasi Usaha Membuat Aneka Donat. AgroMedia. Nata, G. N. M., & Yudiastra, P. P. (2019). Petani Bibit di Desa Sekaan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 59-64. Supuwiningsih, N. N., & Udayani, A. C. (2019). Pelatihan Promosi Penjualan Kentang Melalui Fan Page Facebook. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 20-24. Suryawan, I. K. D., & Yudiastra, P. P. (2018). Peningkatan Produktivitas Industri Rumah Tangga Jajan Tradisional Khas Gianyar. Ngayah: Majalah Aplikasi IPTEKS, 9(1), 132-137. Yudiastra, P. P., & Nata, G. N. M. (2019). PKM: IRT PAKAIAN RAJUTAN DI KECAMATAN TABANAN KABUPATEN TABANAN PROVINSI BALI. Ngayah: Majalah Aplikasi IPTEKS, 10(1), 90-96.

Downloads

Published
2020-03-31

Versions

How to Cite

Mega Nata, G. N., & Yudiastra, P. P. (2020). IRT Donat Kentang Dusun Sampiang Gianyar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 69-75. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i2.163