Pelatihan dan Pendampingan PTK Menggunakan Model Pembelajaran di UPT SD

  • Indah Pratiwi PGSD / Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
  • Suci Perwita Sari PGSD / Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
  • Chairunnisa Amelia PGSD / Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
Keywords: Guru, Model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri 106170 Ajibaho Kecamatan Biru – Biru dan SD Negeri 101798 Kecamatan Delitua, berupa  pelatihan dan pendampingan, serta  penyusunan buku model – model pembelajaran sebagai panduan dalam pembuatan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah klasikal dan diskusi yang meliputi beberapa tahapan yaitu penyampaian materi  sistematika  penulisan  proposal,  materi  mengenai  teknis  pelaksanaan  penelitian,  klinik penyusunan  PTK, pendampingan  pelaksanaan  penelitian  dan  penyusunan  laporan  akhir penelitian. Tujuan dari pelatihan ini adalah adanya peningkatan pemahaman guru tentang penelitian  tindakan  kelas  meliputi  pembuatan  proposal,  teknis  pelaksanaan  penelitian  sampai tahap pelaporan. Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai  perbaikan proses pembelajaran di kelas, rekomendasi model pembelajaran dan menambah angka kredit peneliti untuk menunjang karirnya. Setelah kegiatan pelatihan dan pendampingan, guru-guru sudah memiliki satu PTK untuk satu semester yang dapat digunakan untuk keperluan peningkatan nilai SKP yang berguna untuk penunjang prestasi kinerja. Dari keseluruhan target 20 orang guru yang dijadwalkan, 16 orang guru yang hadir dalam pelatihan dan pendampingan penyusunan PTK di UPT Sekolah Dasar.

Published
2019-07-09
How to Cite
Pratiwi, I., Perwita Sari, S., & Amelia, C. (2019). Pelatihan dan Pendampingan PTK Menggunakan Model Pembelajaran di UPT SD. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(3), 41-46. Retrieved from https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/102
Section
Articles