Pelatihan Pemasaran Dengan Menggunakan Media Sosial Pada Usaha Penjahit Kebaya Devi Di Kerambitan

  • Ni Putu Nanik Hendayanti STMIK STIKOM Bali
  • Kadek Dwi Pradnyani Novianti STMIK STIKOM Bali
  • Gde Yoga Hary Sedana STMIK STIKOM Bali
Keywords: Kebaya, Media Sosial, facebook, Instagram

Abstract

Usaha penjahit kebaya Ibu Suandewi merupakan sebuah usaha indutri rumah tangga. Mitra telah menjalankan usaha penjahit kebaya kurang lebih 3 tahun. Selama kurun waktu 3 tahun produksi kebaya yang dihasilkan mitra tidak menentu setiap bulannya tergantung dari pesanan pelanggan yang ingin menjahit kebaya, sehingga menyebabkan pendapatan mitra yang tidak menentu. Pelanggan yang dimiliki mitra berasal dari desa tempat tinggal mitra dan ada juga beberapa dari desa disekitar mitra tinggal. Maka dari itu, area pemasaran dari usaha penjahit kebaya Ibu Suandewi tidaklah luas. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu ingin membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra dengan melakukan pelatihan pemasaran dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram, sehingga dapat membantu mitra dalam hal pemasara penjahit kebaya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi yang diberikan pada mitra menggunakan kuisioner diperoleh hasil kategori index Sangat Baik dengan nilai index 92,5%, sehingga dapat disimpulkan mitra dapat menggunakan media sosial dengan baik dan lancar untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan pedapatan mitra.

Published
2019-07-09
How to Cite
Nanik Hendayanti, N. P., Pradnyani Novianti, K. D., & Hary Sedana, G. Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Dengan Menggunakan Media Sosial Pada Usaha Penjahit Kebaya Devi Di Kerambitan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(3), 96-101. Retrieved from https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/113
Section
Articles