Pelatihan Pemasaran Dengan Menggunakan Media Sosial Pada Usaha Penjahit Kebaya Devi Di Kerambitan

Authors
  • Ni Putu Nanik Hendayanti STMIK STIKOM Bali
  • Kadek Dwi Pradnyani Novianti STMIK STIKOM Bali
  • Gde Yoga Hary Sedana STMIK STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i3.113


Keywords: Kebaya, Media Sosial, facebook, Instagram
Section: Articles

Abstract

Usaha penjahit kebaya Ibu Suandewi merupakan sebuah usaha indutri rumah tangga. Mitra telah menjalankan usaha penjahit kebaya kurang lebih 3 tahun. Selama kurun waktu 3 tahun produksi kebaya yang dihasilkan mitra tidak menentu setiap bulannya tergantung dari pesanan pelanggan yang ingin menjahit kebaya, sehingga menyebabkan pendapatan mitra yang tidak menentu. Pelanggan yang dimiliki mitra berasal dari desa tempat tinggal mitra dan ada juga beberapa dari desa disekitar mitra tinggal. Maka dari itu, area pemasaran dari usaha penjahit kebaya Ibu Suandewi tidaklah luas. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu ingin membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra dengan melakukan pelatihan pemasaran dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram, sehingga dapat membantu mitra dalam hal pemasara penjahit kebaya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi yang diberikan pada mitra menggunakan kuisioner diperoleh hasil kategori index Sangat Baik dengan nilai index 92,5%, sehingga dapat disimpulkan mitra dapat menggunakan media sosial dengan baik dan lancar untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan pedapatan mitra.

References

Pentasari, Ria. 2007. Chic in Kebaya. Surabaya: Erlangga. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid 1, dialihbahasakan oleh Benjamin molan, Jakarta: PT Indeks. Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes (2015), Social Media: Defining, Developing, and Divining, Atlantic Journal of Communication , Volume 23, 2015\ P.N. Howard dan M.R Parks, 2012, American Behavioral Scientist, Vol. 45 No. 3, November 2001 383-404 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali. 2018. “Panduan Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Internal”. Denpasar We Are Social dan Hootsuite, 2019, Indonesian Digital Report 2019, https://andi.link/hootsuite-we-are- social-indonesian-digital-report- 2019/, diakses tanggal 10 Juni 2019

Downloads

Published
2019-07-09

How to Cite

Nanik Hendayanti, N. P., Pradnyani Novianti, K. D., & Hary Sedana, G. Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Dengan Menggunakan Media Sosial Pada Usaha Penjahit Kebaya Devi Di Kerambitan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(3), 96-101. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i3.113