Peningkatan Jangkauan Pasar Produk Dupa Wangi Gantari Melalui Pemanfaatan Instragram

Authors
  • Ni Wayan Deriani STMIK STIKOM Bali
  • Tubagus Mahendra Kusuma STMIK STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i3.115


Keywords: industri rumah tangga, daring, pemasaran
Section: Articles

Abstract

Industri Rumah Tangga Dupa Gantari merupakan industri rumah tangga yang ada di Desa Singapadu, Kabupaten Gianyar, dalam aktifivitas bisnisnya belum bisa menjangkau pasar yang luas, adanya media pemasaran online (daring) merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan penjualan produk Dupa Gantari. Selain itu teknik penjualan yang dilakukan selama ini hanya menjual melalui reseller serta menjual secara langsung di rumah mitra. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah dengan memberikan sosialisasi pentingnya pemasaran online, jenis-jenis pemasaran daring, serta praktek pengambilan dan pengenalan Instagram beserta fitur yang dimiliki instagram yang dapat dioptimalkan untuk menarik minat pembeli melalui media instgram. Kegiatan pengabdian dilakukan dirumah mitra di Desa Singapadu Kabupaten Gianyar. Kegiatan pengabdian masyarakat pada industri rumah tangga Dupa Wangi Gantari membawa dampak positif bagi peningkatan pengetahuan pemahaman pemilik dan karyawan dalam hal pemasaran daring dan pentingnya pemanfaatan instagram guna peningkatan jangkauan pasar.

References

Li, Peixin dan Xie, Wei. (2012). A Strategic Framework For Determining E-commerce Adoption. Journal of Technology Management in China, 7(1), 22-35. Retrieved from Emerald Grup Publishing Limited. Nuryanti. (2013). Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah UKM, Jurnal Ekonomi 21, no. 4 (2013): 1– 15. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/ 2018/02/09/berapa-pengguna- instagram-dari-indonesia, diakses Januari 2019

Downloads

Published
2019-07-09

How to Cite

Deriani, N. W., & Mahendra Kusuma, T. (2019). Peningkatan Jangkauan Pasar Produk Dupa Wangi Gantari Melalui Pemanfaatan Instragram. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(3), 108-112. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i3.115