Pemanfaatan Teknologi Bidang Pemasaran Dan Keuangan Untuk Peningkatan Potensi SDM Pada UKM Sedana Mebel

Authors
  • Ni Kadek Sumiari


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i1.126


Keywords: Manajemen Pemasaran, Pengelolaan Keuangan, Corporate identity
Section: Articles

Abstract

Mebel atau Furniture merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang tidak bisa lepas
dari kehidupan sehari-hari. Mebel biasanya digunakan untuk mendukung pada banyak aspek
dalam kegiatan sehari-hari mulai dari awal beraktifitas di pagi hari hingga selesai beraktifitas
di siang hari. Salah satu usaha mebel yang ada di Desa Lebih Gianyar adalah Sedana Mebel
yang dimiliki oleh Ni Kadek Lisna Dewi. Sedana Mebel adalah Industri Rumah Tangga yang
membuat Furniture sesuai dengan pesanan dari pelanggan. Jumlah penghasilan dari sedana
mebel tidak bisa dipastikan karena mitra belum memiliki pencatatan keuangan serta belum
memiliki corporte identity sebagai identitas dari usahanya selain itu ukm juga belum
memiliki media pemasaran online. Untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh mitra
maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan dalam
pengabdian kepada masyarakat ini adalah sosialisasi tentang kegiatan yang akan dilakukan,
memberikan pemahaman pentinganya corporate identity kepada UKM, pembuatan desain
corporate identity serta memberikan pelatihan keuangan sederhana menggunakan buku kas
serta aplikasi keuangan berbasis android untuk UKM. Selain itu mitra juga diberikan
pelatihan tentang sosial media sebagai media pemasaran bagi UKM. Kegiatan ini dilakukan
selama delapan bulan. Dengan adanya kegiatan ini UKM memahami pentingnya corporate
identity, memiliki corporate identity, memiliki sarana pemasaran online serta mampu
membuat catatan keuangan sederhana menggunakan buku kas dan aplikasi keuangan berbasis
android.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar. 2018. Kecamatan Gianyar Dalam Angka. Online :https://gianyarkab.bps.go.id/publicat ion/2018/09/26/415538f48f820267fb 6aef19/kecamatan-gianyar-dalam- angka-2018.html akses terakhir 15 Oktober 2018 Balmer, John. (2001). Corporate identity, corporate branding and corporate marketing: seeing through the fog. European journal of marketing. 35. 248-291. 10.1108/03090560110694763. Ibrahim Hermawan, Try Setiadi A, Ken Gunadi. 2013. Tinjauan Bentuk dan Konstruksi Mebel Jepara. Jurnal Rekajiva Institut Teknologi Nasional Vol 2 No 1 Nurif, Muchammad & Windiani. (2013). MANAJEMEN KEUANGAN DAN PACKING UNTUK USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KECAMATAN TANDES SURABAYA. Jurnal Sosial Humaniora. 6. 10.12962/j24433527.v6i2.601

Downloads

Published
2019-11-30

How to Cite

Sumiari, N. K. (2019). Pemanfaatan Teknologi Bidang Pemasaran Dan Keuangan Untuk Peningkatan Potensi SDM Pada UKM Sedana Mebel. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 13-19. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i1.126