Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Media Promosi Produk Hasil Kerajinan Dynler (Dainy Leather)

Authors
  • Erma Sulistyo Rini
  • Ni Wayan Sri Arini


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i1.143


Keywords: kerajinan kulit Dynler, media promosi, desain label stamps
Section: Articles

Abstract

Seni kerajinan kulit adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah
diproses atau dimasak, kulit mentah dan kulit sintetis. Bahan tersebut dapat dibuat menjadi
tas, sepatu, wayang, dompet, jacket, sandal dan lain-lain. Pengerajin kulit di Bali, tepatnya di
kawasan Kuta, Badung, jumlahnya cukup banyak. Salah satu pengerajin kulit tersebut
adalah Dainy kulit. Produk kulit yang dihasilkan dari pengerajin ini masih mengandalkan
pesanan penjual atau toko yang belum membuat produk kerajinan sendiri. Selain itu, tidak
adanya label stamp produk yang dihasilkan serta belum adanya media promosi yang
digunakan dalam setiap produk yang dijual, menjadi keterbatasan pengerajin untuk
mengembangkan usaha kerajinan kulitnya. Teknologi Informasi (TI) saat ini banyak diadopsi
oleh organisasi tidak terkecuali usaha kecil menengah (UKM). Pemanfaatan teknologi
informasi dalam segala bidang organisasi mulai dari sistem informasi untuk memudahkan
pengelolaan atau transfer data perusahaan sebagai media promosi dan penjualan online serta
digunakan untuk desain company profile, lebel, iklan dan pengemasan produk. Terkait
dengan permasalahan mitra dan adanya peluang pemanfaatan teknologi, diusulkan kegiatan
pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan dan pendampingan tentang pemanfaatan
teknologi informasi khususnya media sosial dan market place sebagai media promosi produk
hasil kerajinan serta pendampingan pembuatan desain lebel stamps dalam bentuk logo,
emboss stamp dan hot stamps untuk digunakan sebagai identitas dari produk yang dihasilkan
mitra.

References

Nurudin. 2012. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera. pp 34 – 40 Lovelock, Christopher. Wirtz, Jochen, Mussry, Jacky. 2012. Pemasaran Jasa : Manusia, Teknologi, Strategi. Jakarta: Erlangga. pp. 25- 28

Downloads

Published
2019-11-30

How to Cite

Sulistyo Rini, E., & Sri Arini, N. W. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Media Promosi Produk Hasil Kerajinan Dynler (Dainy Leather). WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 118-123. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i1.143