Pelatihan Fotografi Produk UKM Perajin Mosaik Kaca Tegallalang

Authors
  • Agustinus Yohan Ranu
  • Ni Wayan Setiasih


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.16


Keywords: Fotografi Produk, Promosi, UKM
Section: Articles

Abstract

Promosi menjadi bagian yang integral dari sebuah unit usaha untuk bertahan sekaligus mengembangkan jaringan kerjanya. Begitu pun yang terjadi pada UKM kerajinan mosaik kaca Tegallalang. Melalui pelatihan fotografi produk, yang didalamnya termasuk social media marketing mitra diajak untuk sadar promosi menggunakan sarana dan prasarana yang ada dalam jangkauan mereka. Jauh dari praktik fotografi yang biasanya berbiaya mahal, pelatihan ini malahan akan menunjukkan hal yang sebaliknya. Dengan peralatan dan bahan-bahan yang ada di lingkungan mereka, para mitra secara mandiri akan diajak untuk melakukan  pemotretan produk-produk usaha mereka  justru dengan pendekatan yang sederhana tanpa harus meng-hire fotografer profesional. Sementara hingar bingar perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat kita petik manfaatnya untuk memberikan kemudahan dan akses promosi bagi  pelaku usaha skala kecil dengan lebih praktis dan  ekonomis. Memanfaatkan fitur kamera pada  smartphone yang kini dimiliki oleh hampir semua orang, dengan pendekatan yang benar bisa kita pakai untuk fotografi produk, yang sama sekali tidak mungkin dilakukan di era sebelumnya. Melalui media sosial yang kini sangat memasyarakat, kita arahkan mitra agar bisa memanfaatkannya untuk kepentingan  promosi dengan biaya yang terjangkau.  Pada titik inilah  program pengabdian masyarakat Pelatihan   Fotografi  Produk UKM Kerajinan Mosaik Kaca Tegallalang menemukan urgensi dan signifikansinya.

References

Bohang, Fatimah Kartini (2016), Setahun Google Kumpulkan 24 Miliar Foto Selfie. Retrieved from http://tekno.kompas.com/read/2016/05/31/ 07140037/setahun.google.kumpulkan.24. miliar.foto.selfie Hidayat, Anang, (2016), Strategi Pemasaran Pada UMKM Industri Olahan Hasil Laut. Retrieved from http://lipi.go.id/publikasi/strategi- pemasaran-pada-usaha-mikro-kecil-dan- menengah-umkm-industri-olahan-hasil- laut/13880 Jeko, I. R, (2017), Indonesia Negara Keempat Pengguna Facebook Teraktif. Retrived from http://tekno.liputan6.com/read/2926217/in donesia-negara-ke-4-dengan-pengguna- facebook-teraktif-di-dunia Komputeraktif. 2006. Bikin Mini Studio Foto, Jakarta: PT Prima Media Pustaka, pp: 10 – 87 Norton, Patrick, & Hand, Michael. (2018) Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=Oyxz C5kqbyw Suliyanto, 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Penerbit Andi, p 9

Downloads

Published
2018-11-30

How to Cite

Yohan Ranu, A., & Setiasih, N. W. (2018). Pelatihan Fotografi Produk UKM Perajin Mosaik Kaca Tegallalang. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 69-75. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.16