Upaya Peningkatan Pemasaran Melalui Improvisasi Pembuatan Kemasan Wayang Kulit Babakan

Authors
  • Erma Sulistyo Rini
  • Ni Wayan Sri Arini, Dwi
  • Kadek Dwi Pradnyani Novianti


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.17


Keywords: Wayang Kulit Babakan, Pelatihan Desain Kemasan, Pengemasan
Section: Articles

Abstract

Banjar  Babakan,  Kecamatan  Sukawati, Kabupaten  Gianyar,  Bali  dikenal sebagai pusat dan akar perkembangan kesenian wayang, di Bali, dengan generasi dalang tertua  berasal dari sini, cukup banyak kelompok pengrajin yang berasal dari daerah ini, tetapi hasil kerajinan masih dipasarkan dan dijual menggunakan model  konvensional  seperti  men-display pada sebuah toko atau menitipkan ke artshop di daerah setempat, model lain melalui  orderan dari konsumen yang sudah mengenal atau datang langsung ke toko  untuk melakukan pesanan wayang yang akan digunakan sebagai koleksi ataupun pementasan,  permasalahan lain yang terjadi berdasarkan hasil observasi  adalah  dalam pengemasan wayang yang masih sangat sederhana menggunakan plastik mika bening tanpa adanya identitas atau profil pengrajin di mana pengemasan ini sangat berpengaruh terhadap kualitas produk dan masa simpan produk serta jaminan keamanan pada saat pengiriman produk. Dari permasalahan tersebut maka dari kegiatan pengabdian ini diusulkan kegiatan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi sebagai media promosi dan penjualan online serta pelatihan  desain kemasan untuk menambah wawasan pengrajin dengan menggunakan model ceramah dan simulasi  menggunakan tools multimedia dalam membantu mendesain kemasan produk agar menarik, dan dapat digunakan sebagai media promosi.   Indikator capaian keberhasilan program adalah 50%  desain kemasan produk  adalah  hasil dari kegiatan pelatihan, evaluasi pelaksanaan secara keseluruhan menunjukkan bahwa peserta pelatihan sudah  memahami pentingnya desain kemasan  sebagai media promosi pengrajin wayang kulit Babakan Sukawati Gianyar.

References

Cenadi, C.S. 2000, Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran, Nirmala, Vol. 2 No. 1 Hal : 93 – 103 Lovelock Christopher, Wirtz Jochen, Mussry Jacky. 2012. Pemasaran Jasa : Manusia, Teknologi, Strategi. Erlangga. Jakarta Wirya, Iwan. 1999 Kemasan yang Menjual. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,

Downloads

Published
2018-11-30

How to Cite

Sulistyo Rini, E., Sri Arini, Dwi, N. W., & Dwi Pradnyani Novianti, K. (2018). Upaya Peningkatan Pemasaran Melalui Improvisasi Pembuatan Kemasan Wayang Kulit Babakan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 76-80. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.17