i-CHAT (I Can Hear and Talk) adalah aplikasi berbasis komputer yang dirancang untuk membantu orang, terutama anak-anak dengan gangguan pendengaran. Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk menguasai kemampuan liguistik. Aplikasi ini telah dikembangkan oleh Telkom Divisi Digital Service yang merupakan perwujudan program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkom. Bertempat di Panti Asuhan Semara Putra Klungkung, kegiatan Pengenalan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat i-Chat dilakukan dengan metode penyuluhan, praktik langsung, serta tanya jawab kepada peserta pelatihan. Fokus permasalahan yang menjadi perhatian adalah bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran anak asuh panti yang memiliki salah satu kebutuhan khusus, yaitu ABK Tuna Rungu. Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, tim pelaksana bersama Panti Asuhan Semara Putra dapat mengambil bagian dalam pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya Anak Berkebutuhan Khusus.