Pelatihan Pemanfaatan Toko Online Sebagai Media Pemasaran Produk pada UKM Saka Gemilang

Authors
  • I Made Darma Susila Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Muhammad Riza Hilmi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Arya Suita Darma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.192


Keywords: toko online, Furniture interior, pemasaran
Section: Articles

Abstract

Industri furniture interior merupakan usaha yang menjadi trend dan dinikmati di kawasan pariwisata khususnya area Bali. Furniture interior mengedepankan kesan kenyamanan, kualitas tampilan yang tinggi, dan diproduksi secara semi otomatis. UKM Saka Gemilang merupakan UKM yang sudah cukup lama berkecimpung dalam produksi furniture interior yaitu sejak tahun 1993. Sejalan dengan usahanya, UKM ini terkadang mengalami penurunan penjualan. Hal ini disebabkan karena proses penjualan yang saat ini dilakukan masih belum optimal, yaitu dilakukan secara door-to-door ke lokasi seperti perkantoran, villa, hotel dan restoran dengan menunjukkan buku list produk. Sehingga dalam hal ini proses produksi dan jumlah produksi dari UKM sangat tergantung dari hasil pemasaran yang saat ini dilakukan. Untuk menangani permasalahan penjualan produk UKM, maka diusulkan kegiatan pelatihan pemanfaatan pelatihan pemanfaatan toko online yaitu OLX dan tokopedia yang digunakan sebagai media pemasaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan toko online dengan harapan bahwa penjualan produk dapat meningkat. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara pengukuran kemampuan mitra dalam menggunakan aplikasi dengan mengikuti sepuluh skenario yang telah ditentukan. Hasil pengukuran sebesar 80 % yang artinya mitra sudah bisa mengoperasikan aplikasi Olx dan tokopedia.

References

ChaffeyDave , & MayerRichard. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Prentice Hall/Financial Times David, Fred R. (2010). Manajemen Strategis : Konsep-konsep. Edisi ke- 12.PT.Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta. Dehkordi, Goodarz Javadian; Rezvani, Samin; Rahman, Muhammad Sabbir;Nahid,Firoozeh Fouladivanda Neda; Jouya, Samaneh Faramarzi. (2012). A Conceptual Study on E- Marketing and Its Operation on Firm's Promotion and Understanding Customer's Response. Canadian Center of Science and Education. Canada. Florentina, Marsella. (2009). Analisa dan perancangan E-Marketing pada Omega optik. Binus University. Jakarta. GaryArmstrong, WongVeronica, Philip Kotler, & John Saunders. (2008). Principles of Marketing. Pearson Education Limited. Hoffman, Douglas., Bateson, John (2006). Service Marketing : Concepts, , & Cases. (3rd edirion). United States of America : Thomson South Western. Rudy. (2008). Perancangan E-Marketing pada PT. JEAH nutuk Memenangkan Persaingan Usaha. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 2(3): 13-20 20 Widyabhakti – Juli 2020 Comtech. Vol 1 No. 2 Desember 2010:477-492. Strauss, Judy., Frost, Raymond. (2009). E- Marketing.(5th edition). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Downloads

Published
2020-07-31

How to Cite

Darma Susila, I. M., Riza Hilmi, M., & Arya Suita Darma, I. P. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Toko Online Sebagai Media Pemasaran Produk pada UKM Saka Gemilang. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 13-20. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.192