Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi dalam Pengolahan Sampah Plastik pada PT. Cipta Daur Ulang

Authors
  • I Made Arya Budhi Saputra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Bhaskara Gautama Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.194


Keywords: sampah plastik, plastik PET, daur ulang
Section: Articles

Abstract

Sampah plastik merupakan permasalahan yang dialami oleh sebagian besar daerah untuk saat ini. Hal tersebut dikarenakan jumlah sampah plastik tidak mudah terurai sehingga terjadi penumpukan sampah plastik dan mencemari lingkungan. Salah satu cara menangani sampah plastik adalah dengan melakukan daur ulang. PT. Cipta Daur Ulang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan sampah plastik PET. Perusahaan ini mampu mengolah sampah plastik PET dalam skala besar. Namun, perusahaan ini terkendala oleh bahan baku yang masih sedikit. Perusahaan juga memiliki keterbatasan dalam penjualan hasil produksi. Selain itu, beberapa pasokan sampah plastik yang diterima oleh perusahaan belum terpilah dengan baik. Oleh karena itu, perlu dibuat media promosi berupa website untuk memperkenalkan profil perusahaan kepada masyarakat secara umum. Website juga dilengkapi dengan fitur berita atau artikel untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilahan sampah plastik sehingga memiliki nilai jual dan mampu menopang ekonomi keluarga. Website yang dibangun telah dikunjungi rata-rata sebanyak 677,3 pengunjung per bulan selama enam bulan. Hal ini menunjukkan bahwa website telah diakses, dengan harapan perusahaan lebih dikenal oleh masyarakat sehingga terjadi peningkatan pada pasokan sampah plastik dan penjualan hasil produksi.

References

Bukit, F. R. A. et al. (2019) ‘Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner’, JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), p. 229. doi: 10.30595/jppm.v3i2.4317. Karuniastuti, N. (2017) ‘Bahaya Plastik Terhadap Kesehatan dan Lingkungan’, Forum Tenologi, 03(1), pp. 6–14. doi: https://dx.doi.org/10.1128/CVI.00526- 12. Sutrisnawati, N. K. and M. Purwahita, A. A. . R. (2018) ‘Fenomena Sampah dan Pariwisata Bali’, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(1), pp. 49–56. Wedayani, N. M. (2018) ‘Studi Pengelolaan Sampah Plastik Di Pantai Kuta Sebagai Bahan Bakar Minyak’, Jurnal Presipitasi : Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 15(2), pp. 122– 126. doi: 10.14710/presipitasi.v15i2.122-126. Widiantara, I. K. A. (2020) ‘Strategi Public Relations Pemprov Bali Menuju Bali Bebas Sampah Plastik’, Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2–3), pp. 84–91. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Published
2020-07-31

How to Cite

Arya Budhi Saputra, I. M., & Bhaskara Gautama, I. M. (2020). Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi dalam Pengolahan Sampah Plastik pada PT. Cipta Daur Ulang. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 26-32. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.194