Pelatihan Pemasaran Online pada Mitra Lengis Nyuh di Tabanan

Authors
  • I Putu Ramayasa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Wayan Rupika Jimbara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Wayan Kayun Suwastika Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Angga Candrawibawa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.197


Keywords: Pelatihan, Pemasaran Online, Minyak Kelapa
Section: Articles

Abstract

UKM Lengis Nyuh merupakan salah satu UKM yang menjalankan usaha menjual minyak kelapa (lengis nyuh) yang dimiliki oleh Bapak I Wayan Doni Permana. Sebelum menjual minyak kelapa (lengis nyuh) mitra terlebih dahulu sudah menjalankan usaha sebagai pemasok kelapa muda selama 5 tahun. Sejak 1 tahun yang lalu mitra mengembangkan usahanya dengan menjual minyak kelapa (lengis nyuh) memanfaatkan buah kelapa tua dari hasil panen sebagai pemasok kelapa muda. Dalam menjalankan usahanya, mitra dibantu oleh adik sepupunya. Pemasaran dilakukan sederhana dari mulut kemulut serta melalui warung yang ada di sekitar tempat tinggal, sehingga pembelinyapun hanya dari warga sekitar. Selain itu, produk mitra belum memiliki label kemasan sehingga tampilannya kurang menarik. Akibatnya, pendapatan yang diperoleh belum sesuai harapan. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra, disepakati untuk membantu mitra melakukan pemasaran. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini yaitu sosialisasi, pelatihan dan evaluasi. Kegiatan pelatihan yang diberikan pada mitra adalah pemasaran melalui media sosial serta membuatkan label kemasan agar tampilan produk lebih menarik. Kegiatan evaluasi dari pelatihan yang dilakukan adalah melalui wawancara, tanya jawab dan pengamatan langsung yaitu ketrampilan mitra mengakses informasi yang tersedia di internet meningkat, mitra mengalami peningkatan dalam menggunakan email dan mitra mampu melakukan pemasaran online secara mandiri dengan memposting produknya di Facebook dan Instagram.

References

Januhari, Ni Nyoman Utami, Purwantara, I Made Adi. 2018. ‘Pelatihan Penggunaan Internet Sebagai Media Pemasaran Online Pada KWT VCO Tabanan’ WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER V.1(1): November. Viny Putri Fauzi, 2016 Pemanfaatan Instagram Sebagai Sosial media Marketing Er-corner Boutiquen Dalam Membangun Brand Awareness di Kota Pekanbaru, JOM FISIP Vol. 3 No. 1, hal 1-15. Hendrasty, H.K., 2013. Pengemasan & Penyimpanan Bahan Pangan1st ed., Yogyakarta: Graha Ilmu. Rosandi, S. & Sudarwanto, T., 2014. Pengaruh Citra Merek dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Susu Ultra. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2), pp.1–16, Juli. Hendayanti N P N, Novianti K. D. P & Sedana G Y H, 2019. “Pelatihan Pemasaran Dengan Menggunakan Media Sosial Pada Usaha Penjahit Kebaya Devi di Kerambitan Tabanan” WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER V1(3): 96-101 Wong J. 2010. ’Internet Marketing For Beginners’, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. As'ad, H. Abu-Rumman. 2014. The Impact WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 2(3): 50-60 60 Widyabhakti – Juli 2020 of Social Media marketing on Brand Equity: An Empirical Stuqy on Mobile Service Providers in Jordan. Journal Society of Interdiciplinary Business Research Vol. 3 No. 1 ISSN: 2304- 1013;2304-1269 Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Nisrina. 2015. Bisnis Online: Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis Anwari, E., Meilani, E. & Prasetyowati, O., 2018. Perancangan Grafis Kemasan Makanan Burayot Sebagai Oleh-Oleh Khas Garut. DeKaVe, 10(2), pp.12–24.

Downloads

Published
2020-07-31

How to Cite

Ramayasa, I. P., Rupika Jimbara, I. W., Kayun Suwastika, I. W., & Angga Candrawibawa, I. G. (2020). Pelatihan Pemasaran Online pada Mitra Lengis Nyuh di Tabanan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 50-60. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.197