PKM Pemanfaatan Media Sosial & Aplikasi Pengolahan Angka dalam Peningkatan Penjualan

Authors
  • Gusti Ayu Made Arna Putri Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Wayan Ari Ulandari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Nyoman Sri Jaya Kusuma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.199


Keywords: Ms. Excel, Instagram, metode PAL
Section: Articles

Abstract

Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat internal ini adalah usaha kecil dan menengah (UKM) milik Ayu Sukawati yang berlokasi di Jl. Raya Sempidi, No. 59, Badung. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di lapangan diketahui bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi oleh UKM milik Ayu Sukawati yaitu kurangnya kemampuan dalam pencatatan transaksi penjualan dan menurunnya pendapatan selama beberapa tahun terakhir. Hal yang menjadi penyebab turunnya pendapatan mitra yaitu banyaknya pesaing di lingkungan sekitar UKM yang berjarak cukup dekat dari warung mitra dan pesaing tersebut juga menjual barang yang sama. Selain itu sistem pemasaran Mitra hanya berkisar di lingkungan desa setempat saja, hal tersebut jelas menjadi penyebab menurunnya pendapatan dari mitra. Upaya pemecahan yang telah dilakukan antara lain 1) pelatihan microsoft excel dalam pencatatan transaksi penjualan, 2) sistem pemasaran dengan pemanfaatan media sosial Instagram yang bertujuan untuk memperluas jaringan pemasaran 3) pembuatan banner yang bertujuan untuk mempermudah customer menemukan lokasi UKM Ayu Sukawati. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah metode PALS (participatory action learning system), yakni model pemberdayaan masyarakat dengan tahapan-tahapan kegiatan, (1) penyadaran, (2) pengkapasitasan dan (3) pendampingan. Luaran yang dicapai dari program pengabdian ini adalah (1) publikasi ilmiah melalui jurnal pengabdian masyarakat pada Jurnal Widyabhakti, (2) berhasil mengoprasikan Ms Excel dan dapat melakukan pencatatan transaksi penjualan dengan tingkat keberhasilan 85%, (3) mitra dapat aktif dalam melakukan pemasaran online melalui Instagram dengan tingkat keberhasilan 80%.

References

Agustino, D. P. (2020). Intensifikasi Strategi Promosi UKM Balietnik Butik Berbasis Blended Promotion & Pageants. Jurnal Ilmiah Populer Widyabhakti, 2(2), 7-13 Assauri, S. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Bustami, Bastian dan Nurlela. 2010. Akuntansi Biaya. Edisi kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media Cahyana, T., Basarudin dan Jaya, D. 2007. Teknik Watermarking Citra berbasis SVD. Jakarta: National Conference on Computer Science & Information Technology 2007 Chandramouli, R., Memon, N., dan Rabbani, M. 2002. Digital Watermarking. Encyclopedia of Imaging Science and Technology. NewYork: Wiley Google Maps. (2020). Melihat Alamat Jl. Raya Sempidi No.59, Sempidi. [Online] tersedia: https://goo.gl/maps/2RvCdMSTtNwU 3Pod9 [diakses tanggal 2 Juni 2020] Hanggana, S. 2006. Prinsip Dasar Akuntansi Biaya. Surakarta: Mediatama. Horngren, C. T., Srikant, M. D., & Foster, G. 2008. Akuntansi Biaya: Penekanan Manajerial. Jilid Pertama, Edisi Kesebelas. Jakarta: Indeks Instagram. (2020). Melihat Insights di Instagram. [Online] tersedia : https://help.instagram.com/153393382 0244654?helpref=page_contet [diakses tanggal 20 Mei 2020] Mayoux, L. 2005. Participatiory Action Learning System. Training Manual. Sudan: Part Sudan Association for Small Enterprise Development (PASED)

Downloads

Published
2020-07-31

How to Cite

Made Arna Putri, G. A., Ari Ulandari, N. W., & Sri Jaya Kusuma, I. N. (2020). PKM Pemanfaatan Media Sosial & Aplikasi Pengolahan Angka dalam Peningkatan Penjualan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 67-78. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.199