Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Untuk Kelompok Life Guard di Daerah Kuta

Authors
  • Komang Dian Puspita Candra
  • Ni Nyoman Deni Ariyaningsih
  • Putu Devi Maharani


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.2


Keywords: Pengabdian, Pelatihan, Bahasa Inggris, life guard
Section: Articles

Abstract

Kabupaten Badung adalah salah satu kabupaten di Bali yang penghasilan terbesarnya bersumber dari sektor pariwisata. Tempat wisata yang paling banyak diminati di Kabupaten Badung adalah pantai yang terletak di daerah Kuta. Banyaknya wisatawan yang memilih wisata pantai ketika berkunjung ke Bali mengharuskan pemerintah menjaga keamanan para wisatawan tersebut. Pengabdian masyarakat menyasar kelompok life guard di wilayah Kuta dengan jenis kegiatan adalah memberikan pelatihan Bahasa Inggris. Adapun tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para life guard dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan sehingga mereka dapat berkomunikasi secara aktif kepada wisatawan dan secara tidak langsung pelayanan keamanan yang diberikan dapat berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Bali. Dalam melaksanakan pelatihan, model pembelajaran langsung digunakan dengan teknik bermain peran dan demonstrasi. Selain itu tim pengabdian juga mempersiapkan modul pelatihan bahasa Inggris Komunikatif sesuai dengan kebutuhan kelompok life guard tersebut. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan pengabdian dilakukan diperoleh beberapa hasil yang positif diantaranya adalah: 1) kelompok life guard menunjukkan sikap antusias yang tinggi selama pelatihan berlangsung; 2) Rasa percaya diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris meningkat; 3) kombinasi modul dan model pembelajaran langsung yang digunakan memberikan dampak positif bagi penggunaan bahasa Inggris komunikatif kelompok life guard

References

Azizah, Nur. 2013. Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Negeri Semarang. Semarang. Brewster, J., Ellis, G., & Girand, D. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. England: Pearson plc. Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta. Kamil, Mustofa. (2010). Model Pendidik- an dan Pelatihan. Bandung. Alfabeta. Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Rafika Aditama, Bandung. Oka, A. Yoeti. (1992). Pengantar Ilmu Parwisata. Bandung: Ofset Angkasa. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 1(1): 1 - 6 6 Widyabhakti – November 2018 Konsep, Landasan, dan Implemen- tasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published
2018-11-30

How to Cite

Dian Puspita Candra, K., Deni Ariyaningsih, N. N., & Devi Maharani, P. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Untuk Kelompok Life Guard di Daerah Kuta. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.2