Mendesain Ulang Kemasan dan Label Produk Kopi Odah

Authors
  • Erma Sulistyo Rini Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Wayan Sri Arini Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gst. A. Vony Purnama Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.204


Keywords: produk, desain ulang, kemasan dan label
Section: Articles

Abstract

Desa Bakas Banjarangkan Klungkung adalah desa tua bernama “Bhala Akas”, selain kondisi alam yang bagus, dari desa ini juga terdapat produsen kopi terkenal yaitu “Kopi Odah” milik keluarga Ibu Nyoman Resa sejak tahun 1969. Produsen kopi ini masih sangat produktif, rata-rata produksi 100 kg kopi bubuk perminggu atau setara 14-15 kg perhari. Pemasaran dan penjualan kopi tersebar di pasar tradisional desa kecamatan Klungkung, pasar dusun Banjarangkan dan Pasar Katrangan di Denpasar. Kopi ini memiliki cita rasa tersendiri dan istimewa dengan aroma yang khas, melalui proses produksi masih sangat tradisional dengan peralatan sederhana. Proses produksi dimulai dari pemanggangan atau roasting menggunakan alat rolling dan dibakar menggunakan kayu bakar, serta pengeringannya dilakukan di bawah sinar matahari, selanjutnya biji kopi digiling menjadi bubuk kopi dan dibungkus menggunakan plastik kiloan sebagai kemasan untuk dijual ke pasar tradisional di desa. Pendampingan mendesain ulang kemasan kopi dan memberikan label kemasan dilaksanakan oleh tim kegiatan pengabdian masyarakat STIKOM Bali. Kegiatan dimulai dengan perkenalan, sosialisasi, evaluasi dan pelaporan, hasil dari kegiatan adalah kemasan produk lebih menarik dengan label Kopi Odah dengan perluasan pemasaran secara online.

References

K. Budiarta, ”Sejarah Desa Bakas,” 2020. [Online]. Available: https://bakas.desa.id/index.php/first/ artikel/99 B. P. S. (. K. Klungkung, “Publikasi Katalog,” 28 02 2020. [Online]. Available: https://klungkungkab.bps.go.id/publi cation. [Diakses 13 06 2020]. C. Cenadi, “Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran,” Nirmala , vol. 2, no. 1, pp. 93 - 103, 2019. W. Iwan, Kemasan Yang Menjual, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999. W. J. M. J. Lovelock Christopher, Stretegi Teknologi Dalam Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Erlangga , 2012.

Downloads

Published
2020-07-31

How to Cite

Sulistyo Rini, E., Sri Arini, N. W., & Vony Purnama, I. G. A. (2020). Mendesain Ulang Kemasan dan Label Produk Kopi Odah. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 99-106. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.204