Pelatihan Desain Kartu Ucapan Pada Usaha Florist

Authors
  • Dian Pramana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Lilis Yuningsih Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Wayan Agus Suka Dana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.207


Keywords: florist, desain, kartu ucapan
Section: Articles

Abstract

AVA Flowers & Gift adalah salah satu toko florist yang ada di seputaran Kota Denpasar. Pelanggan utama dari florist ini adalah para remaja. Segmen pelanggan tersebut telah menjadikan usaha ini fokus pada penggunaan Instagram sebagai media pemasaran utamanya. Pendapatan rata-rata tiap bulan dari usaha florist ini mencapai Rp 2.000.000,- dan biasanya selalu meningkat pada hari-hari tertentu, seperti pada Hari Valentine atau pada Hari Ibu. Salah satu kendala yang dihadapi oleh mitra adalah dalam pembuatan kartu ucapan. Usaha florist ini harus menyiapkan biaya lebih untuk pembelian kartu terutama apabila pelanggan tidak menyukai desain kartu ucapan yang telah disiapkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mitra dalam desain grafis. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini antara lain adalah sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi. Sebagai hasil dari kegiatan, saat ini usaha florist sudah mampu mendesain dan menghasilkan berbagai macam kartu ucapan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari pelanggan.

References

Purwanti, P.D., Harliantara, H. and Panuju, R. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Online Melalui Instagram Ditoko Bunga Citra Florist Surabaya. JESS (Journal of Education on Social Science), 4(1), pp.25-37. Permana, B., 2013. 36 Jam Belajar Komputer-Adobe Photoshop CS5 Extended. Elex Media Komputindo. Ziveria, M., Samosir, R.S. and Rusli, M. 2020. Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Perangkat Adobe Photoshop Untuk Manipulasi Foto Bagi Tim Teknologi Informasi YPU. ABDIMAS, 1(1), pp.1-11. Bhaskara Gautama, I. M., Putri, DR. (2019). Perancangan Label Kemasan WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 2(3): 123-130 130 Widyabhakti – Juli 2020 Aneka Kue dan Banner Sebagai Media Promosi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 14-20. Ardiyasa, I. W., Ady Agus Arianto, I. K., & Gita Praharsini, N. L. G. 2020. Penerapan dan Pelatihan Teknologi Informasi Pada Perangkat Desa di Kantor Kepala Desa Pengeragoan Jembrana Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 100-106. Linda Santiari, N. P., Surya Rahayuda, I. G., Cahya Ayu Pratami, N. W., & Muryatini, N. N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Media Pemasaran Pada Kelompok Kerajinan Bali Kui. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 82-86.

Downloads

Published
2020-07-31

How to Cite

Pramana, D., Yuningsih, L., & Suka Dana, W. A. (2020). Pelatihan Desain Kartu Ucapan Pada Usaha Florist. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 123-130. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.207