Pelatihan Manajemen Pemasaran Bagi Pengurus Paguyuban Ngeksigondo di Denpasar

Authors
  • Joko Santoso Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Wayan Karang Utama Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Aditya Aditya Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.208


Keywords: Wedding Organizer, Pelatihan Pemasaran, Sumber Daya Manusia
Section: Articles

Abstract

Paguyuban Ngeksigondo adalah kelompok masyarakat yang tinggal di Denpasar dan sekitarnya yang merupakan keturunan dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Paguyuban yang bertujuan sebagai wadah silahturahmi ini memiliki asset gamelan dan pakaian tradisional prajurit Kraton Yogyakarta atas bantuan dari Gubernur DIY. Paguyuban yang didirikan pada tahun 1978 ini berkomitmen untuk melestarikan budaya bangsa yang adiluhung khususnya budaya dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan budaya Nasional pada umumnya. Untuk mengemban amanah tersebut Paguyuban Ngeksigondo memiliki Yayasan Adi Budaya yang mengkhususkan kiprahnya di bidang kesenian dan budaya yang salah satunya adalah sebagai perencana dan pengarah upacara pernikahan yang berkiblat pada budaya Yogyakarta dan Surakarta. Dana yang diperoleh sebagai imbalan jasa masih sangat kecil karena pengguna jasa lebih banyak dari anggota dan kerabat dekat. Proses pemasaran hanya dari mulut ke mulut. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan tentang manajemen pemasaran. Adanya dukungan sumber daya manusia (SDM) yang handal dalam pemasaran diharapkan Paguyuban Ngeksigondo mampu memberikan pasar yang lebih luas sehingga kiprah Paguyuban Ngeksigondo di masa mendatang dapat menjadi Wedding Organizer (WO) yang professional. Hasil yang didapat dari pengabdian masyarakat ini Pengurus Paguyuban lebih percaya diri dan mampu menjalankan sistem pemasaran yang lebih baik dari pembuatan proposal, proses negosiasi dan pembuatan kontrak kerjasama dengan pengguna jasa.

References

Ambarwati, Alda Putri Anindika, and Indah Lylys Mustika. “Pernikahan Adat Jawa Sebagai Salah Satu Kekuatan Budaya Indonesia,” Vol. 2, 2018. Anggun Nugroho, I Gusti Ngurah Nyoman Bagiarta, and Joko Santoso. “PKM Pembuatan Logo Dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Sosial Media Pada Pabrik Roti ‘HM’ Karangasem.” WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer 2, no. 2 (March 31, 2020). https://widyabhakti.stikom- bali.ac.id/index.php/widyabhakti/arti cle/view/171 diunduh pada hari Selasa 7 April 2020 Bangsawan, S. (2015). MANAJEMEN PEMASARAN USAHA KECIL Kasus Industri Pengolahan Makanan dan Ritel. Hadi, I.P., 2000. Teknik Negosiasi untuk sukses. UK Petra, 2001 Hardini, I., & Puspitasari, D.(2012). Strategi pembelajaran terpadu: teori, konsep, dan implementasi. Yogyakarta: Familia. Muriah Budiarti, “Konsep Kepesindenan Dan Elemen-Elemen Dasarnya”, HARMONIA, Volume 13, No. 2, Desember 2013. Putu Diah Sastri Pitanatri (2019), “Buku Ajar Dasar-Dasar Pemasaran”, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Wedding Organizer 92 Karawang https://weddingorganizer92karawang .wordpress.com/ dikunjungi pada hari Senin, 10 Februari 2020.

Downloads

Published
2020-07-31

How to Cite

Santoso, J., Karang Utama, I. W., & Aditya, A. (2020). Pelatihan Manajemen Pemasaran Bagi Pengurus Paguyuban Ngeksigondo di Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 131-136. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.208