Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Mempelajari Permainan Catur di SMP Al-Banna Kota Denpasar

Authors

  • Anggun Nugroho
  • I Wayan Gede Narayana
  • Indriyani Indriyani

Keywords:

Pelatihan, Software Catur, Rybka & Chessbase

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada siswa SMP, terutama bagi siswa yang berminat mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Catur di SMP Al-Banna Denpasar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam upaya untuk memberikan bekal dan ketrampilan kepada anak-anak SMP Al-Banna Denpasar dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) khususnya dalam belajar olahraga Catur. Hal tersebut tercapai dengan dilakukan pelatihan secara reguler seminggu sekali. Pada akhir acara pelatihan, peserta dapat menggunakan software Rybka 4 dan Chessbase dalam kegiatan belajar catur mereka, sehingga mereka lebih bersemangat dan terarah dalam mempelajari olahraga catur. Pada setiap akhir masa kegiatan belajar mengajar ekstrakurikuler catur, diadakan evaluasi terhadap hasil pelatihan yang telah dilaksanakan. Kegiatan ini diharapkan menghasilkan luaran anak-anak SMP Al-Banna Denpasar yang mampu menggunakan aplikasi Teknologi Informasi dalam belajar Catur sehingga menjadi bekal ketrampilan bagi mereka di masa mendatang. Luaran lainnya adalah publikasi pada jurnal nasional maupun seminar nasional, sebagai sebuah tanggung jawab dari tim pelaksana untuk menyampaikan hasil kegiatan kepada masyarakat luas. Hal ini dapat menjadi sebuah benchmarking bagi tim pelaksana pengabdian lain, dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

Nugroho, A., Narayana, I. W. G., & Indriyani, I. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Mempelajari Permainan Catur di SMP Al-Banna Kota Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 100-105. Retrieved from https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/21

Issue

Section

Articles