Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan

Authors
  • Shofwan Hanief Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Nyoman Utami Januhari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • A.A Ratu Asmara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.210


Keywords: Pemasaran, Media Sosial, Marketplace
Section: Articles

Abstract

Resepsi pernikahan yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari sebuah pernikahan yang tujuan utamanya adalah memberikan informasi kepada orang terdekat bahwa telah terjalin ikatan sah antara seorang lelaki dan perempuan. Terkait hal tersebut perlu dilakukan persiapan seperti dekorasi, jamuan makan minum, sampai ke tata rias pengantin dalam pelaksanaannya. UKM Okky Dhelima Decoration adalah salah satu dari banyaknya usaha jasa di bidang dekorasi, catering dan rias pengantin di kabupaten Karangasem yang telah berjalan selama 7 tahun dan beralamat di Jl. Diponegoro no. 14 kota Amlapura kabupaten Karangasem. Saat ini pemasaran yang dilakukan secara tradisional dari mulut ke mulut atau membuat brosur untuk dibagikan atau ditempel di tempat-tempat yang strategis yang dapat diakses, hasilnya yang didapat oleh UKM Okky Dhelima Decoration masih sangat minim, dengan pencapaian pemesanan baik paket (all in one) ataupun jasa tunggalnya sebanyak 1 hingga 4 pesanan per bulan, dan hal ini yang menjadi masalah pada mitra saat ini. Kegiatan pengabdian kali ini difokuskan bagaimana melakukan pemasaran pada mitra dengan memanfaatkan sosial media khususnya facebook, dan marketplace shopee, sehingga penyebaran untuk memasarkan usaha ini menjadi lebih luas. Metode pelaksanaan yang dilakukan dengan cara, seminar, workshop, pelatihan, dan evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan wawasan dan keterampilan karyawan di UKM Okky Dhelima Decoration Meningkat 100% dan peningkatan pemesanan jasa Okky Dhelima Decoration yang sebelumnya maksimal 4 pesanan menjadi 6 pesanan.

References

http://v2.karangasemkab.go.id/index.php/p rofil, Profil Kabupaten Karangasem, Diakses tanggal 8 Juni 2020 https://metrobali.com/tinggi-pengguna- internet-di-bali, Pengguna Internet di Bali, Diakses pada tanggal 8 Juni 2020 Helianthusonfri, Jefferly. 2017. “Facebook Marketing”, Jalarta : PT. Gramedia Pustaka Utama Kumiali, Sartika. 2009. “ Step by step Facebook”. Jakarta : Elek Media Komputindo. Marahimin, Hiang. 2008. “Masakan Selera Indonesia”, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Wiradarma IGN, Sukarsa I Made, Sutramiani Ni Putu. 2019. Rancang bangun Sistem E-Commerce Marketplace Gypsum Berbasis Cloud WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 2(3): 146-156 156 Widyabhakti – Juli 2020 Computing”. Jurnal Merpati Vol .7 No.1, ISSN:2252-3006. Yuswohady, F.Fatahillah, B.Tryaditia, A.Rachmaniar. 2019. “Millenials Kills Everything”. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published
2020-07-31

How to Cite

Hanief, S., Utami Januhari, N. N., & Ratu Asmara, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 146-156. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.210