Digitalisasi Pencatatan Penjualan Industri Rumah Tangga My-Popcorn di Denpasar Bali

Authors
  • I Gusti Ngurah Ady Kusuma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ricky Aurelius Nurtanto Diaz Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.219


Keywords: digitalisasi, my-popcorn, industri rumah tangga
Section: Articles

Abstract

My-Popcorn merupakan salah satu produk industri rumah tangga yang bergerak di bidang produksi makanan kecil atau ringan yaitu popcorn. Industri rumah tangga yang dinamai dengan nama ‘My-Popcorn’ ini merupakan industri yang sudah berjalan kurang lebih selama 1 (satu) tahun. Industri rumah tangga ini dirintis oleh Ibu Gusti Ayu Aghivirwiati. Produksinya sendiri dalam sebulan antara 700 sampai 800 produk dengan omset sekitar Rp 8.000.000 per bulan. Untuk pemasaran produk, Ibu Aghi mengandalkan Instagram dalam memasarkan produknya dan juga menggunakan sistem reseller (penjual kembali). Setiap reseller memiliki perjanjian kesepahaman termasuk penentuan bonus, hadiah, maupun harga pokok special yang didapatkan berdasarkan data pembelian reseller. Namun, saat ini mitra hanya menggunakan catatan secara manual untuk mencatat pembelian oleh masing-masing reseller. Metode yang dilakukan adalah dengan substitusi IPTEK yaitu mengganti mekaniskme pencatatan penjualan mitra. Untuk itu pada kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan pemberian aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan mitra dalam mencatat penjualan. Hasil yang didapatkan mitra sangat terbantu dengan aplikasi tersebut dan dan telah menunjukan kemandirian dalam penggunaan aplikasi tersebut. Diharapkan dengan aplikasi ini dapat memberikan efisiensi dalam menampilkan, pengolahan maupun pencarian data penjualan dari penjualan umum maupun kepada reseller

References

ADHYTA, F. N., UTOMO, S. W. & MURWANI, J. Analisis Sistem Penjualan Dan Sistem Penerimaan kas Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan CV Pandan Wangi Madiun. FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 2017. FARDI, I. 2014. Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Bidang Pertanian. Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, 1-5. HASAN, B. 2018. Manajeman Produksi Usaha Lampu Hias Kreasi Bamboo di Kabupaten Bangkalan Propinsi Jawa Timur. JAST: Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi 2, 88-94. MAHMUDATI, R. & TRI INDRAWATI, R. 2019. MESIN PENGERING KOPI SEBAGAI TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KELOMPOK TANI KOPI. Universitas Islam Indonesia. MAJALENGKA, B. C. C. 2015. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan Pada PT. Arta Boga Cemerlang Cabang Majalengka. NURDYANSYAH, N. 2017. Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. PRIAMBADA, S. 2015. Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM). SESINDO 2015, 2015. SIREGAR, K. R. 2011. Kajian mengenai penerimaan teknologi dan informasi menggunakan technology accaptance model (TAM). Rekayasa, 4, 27-32. YUDANA, I. G. P. H. & KUSUMA, I. G. N. A. J. W. J. I. P. 2018. Pembinaan Industri Rumah Tangga Kerupuk Ladrang Cepik Desa Tajen Penebel-Tabanan Bali. 1, 91-99. ZULKARNAEN, H. O. & SUTOPO, S. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Downloads

Published
2020-12-30

How to Cite

Ady Kusuma, I. G. N., & Nurtanto Diaz, R. A. (2020). Digitalisasi Pencatatan Penjualan Industri Rumah Tangga My-Popcorn di Denpasar Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 32-37. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.219