Pelatihan Media Online Penunjang Pembelajaran Edmodo di SDN Tulangampiang

Authors
  • I Gusti Ngurah Satria Wijaya Stikom Bali
  • Ketut Gus Oka Ciptahadi ITB Stikom Bali
  • Ni Putu Meina Ayuningsih ITB Stikom Bali
  • I Gede Dharmadi Yasa
  • Ni Kadek Evita Puri Adnyani


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.242


Keywords: pelatihan, edmodo, daring
Section: Articles

Abstract

Wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) yang telah melanda 215 negara di dunia, memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan, khususnya sekolah dasar dalam keberlangsungan proses pembelajarannya. Tantangan diatas menjadikan timbulnya permasalahan baru bagi SDN Tulangampiang untuk secepat mungkin melakukan perubahan sistem pembelajaran dari konvensional ke pembelajaran secara daring. Situasi pembelajaran di SDN Tulangampiang saat ini, sudah berlangsung secara daring namun dirasakan dan dievaluasi kurang optimal. Solusi yang ditawarkan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan media online penunjang pembelajaran berupa Edmodo, secara daring melalui aplikasi Zoom. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah melalui kegiatan sosialisasi, kegiatan inti berupa pelatihan, dan monitoring serta evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah. terjadi peningkatan pemahaman peserta tentang aplikasi Edmodo dengan diindikasikan terjadinya peningkatan nilai dari pretest dan postest serta peserta pelatihan sangat antusias dan senang sehingga dalam proses pelatihan, peserta tidak mengalami kesulitan untuk memahami materi.

References

Afriansyah, E. A., Sofyan, D., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., & Sundayana, R. (2020). Pelatihan Media E-learning Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran. 3, 33–39. Profile SDN Tulangampiang. (2020). http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/i ndex.php/chome/profil/603F1215- 31F5-E011-8446-799BF858CF9B Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 139–147. Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. Santiari, N. P. L., & Rahayuda, I. G. S. (2019). Pelatihan Aplikasi Edmodo pada SMA Dharma Praja. 2(1), 1–6. Wijaya, I. G. N. S. (2018a). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di STMIK Stikom Bali. Jurnal Santiaji Pendidikan, 8(2), 133–141. Wijaya, I. G. N. S. (2018b). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di STMIK STIKOM Bali. Jurnal Bakti Saraswati, 7(2), 193–198.

Downloads

Published
2021-04-21

How to Cite

Wijaya, I. G. N. S., Ciptahadi, K. G. O., Ayuningsih, N. P. M., Yasa, I. G. D., & Adnyani, N. K. E. P. (2021). Pelatihan Media Online Penunjang Pembelajaran Edmodo di SDN Tulangampiang. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(2), 37-43. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.242