Pelatihan Media Sosial Pada Usaha Kue Di Daerah Batubulan

Authors
  • I Gusti Ayu Desi Saryanti ITB STIKOM Bali
  • I Gusti Ngurah Adi Kusuma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Komang Tamia Parameswari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Bagus Putra Sidhiantara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Ayu Putri Indah Sidhiantari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Rosalia Hadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.249


Keywords: Pemasaran, media sosial, instagram,kue bolu
Section: Articles

Abstract

Kue bolu merupakan salah satu jajanan yang sering dipergunakan untuk sajian pelengkap hidangan. Kue bolu sering dijumpai di acara-acara tertentu seperti arisan, ulang tahun, pernikahan dan upacara keagamaan. Salah satu pemilik usaha kue bolu yang ada di daerah batubulan adalah Ibu Trisna Dewi. Meskipun banyak pesaing yang menjual produk yang sama namun Ibu Trisna tidak pernah putus asa untuk bersaing. Namun saat ini pemasaran yang dilakukan oleh Ibu trisna hanyalah sebatas menawarkan hasil produksinya dengan teman dan kerabat dekat saja melalu media WhatsApp sehinga tidak banyak yang mengetahui produk yang dijual oleh mitra. Tujuan dari diadakannya pengangabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memajukan usaha mitra agar mendapatkan kenaikan penghasilan minimal 30% dari sebelumnya. Terkait dengan permasalahan tersebut, maka dalam kegiatan pengabdian kali ini akan dibuat kegiatan yaitu pemanfaatan media sosial (instagram) dimana media ini akan digunakan untuk memasarkan produk yang dimiliki ke jangkauan yang lebih luas dari usaha kue bolu yang dimiliki oleh Ibu Trisna Deswi. Tahap berikutnya adalah evaluasi dimana pada tahap ini akan dilakukan perbandingan antara kondisi awal usaha kue bolu dengan kondisi setelah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Hasil evaluasi ini akan dapat dijadikan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya. 

References

Anggraeni, R. M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Pada Pelatihan Go Online UMKM Se-Kecamatan Patuk, Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Amalia, A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Email Dan Google My Business Pada UMKM Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17. Rosandi, S. & Sudarwanto, T., 2014. Pengaruh Citra Merek dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Susu Ultra. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2), pp.1–16. Cahyadi, A.B., Sugiono & Efranto, R.Y., 2014. Perumusan Strategi Unggulan Jasa Bus DAMRI Berbasis Analais SWOT dan Quality Function Deployment ( QFD ). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 2(1), pp.80–91. Hartanto, S., 2015. Perancangan Desain Kemasan Produk Homemade Pie “391” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6). Januhari,Ni Nyoman Utami, Purwantara, I Made Adi,2018. “Pelatihan Penggunaan Internet Sebagai Media Pemasaran Online Pada KWT VCO Tabanan” WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER V.1(1): November. Viny Putri Fauzi, 2016 Pemanfaatan Instagram Sebagai Sosial media Marketing Er-corner Boutiquen Dalam Membangun Brand Awareness di Kota Pekanbaru, JOM FISIP Vol. 3 No. 1, hal 1-15.

Downloads

Published
2021-04-21

How to Cite

Saryanti, I. G. A. D., Adi Kusuma, I. G. N., Tamia Parameswari, K., Sidhiantara, I. G. B. P., Indah Sidhiantari, I. G. A. P., & Hadi, R. (2021). Pelatihan Media Sosial Pada Usaha Kue Di Daerah Batubulan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(2), 49- 53. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.249