Penguatan Branding Dan Pelatihan Manajemen Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Dan Kinerja Pada Bengkel Asiaropa Motor Denpasar

Authors
  • Anggun Nugroho Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Iwan Iwan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Anak Agung Gde Agung Putra Ratu Asmara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.251


Keywords: branding strengthening, management training, auto repair shop
Section: Articles

Abstract

Bengkel ASIAROPA MOTOR merupakan usaha dari seorang lulusan perguruan tinggi IT ternama di Bali & Indonesia Timur yang berkedudukan di Jl. Raya Puputan Denpasar. Berawal dari seorang montir mobil lulusan SMK Mesin yang tertarik memperdalam IT karena melihat peluang di masa depan bahwa kendaraan bermotor dilengkapi dengan peralatan IT yang begitu besar. Sambil bekerja di salah satu bengkel resmi TOYOTA ternama di Denpasar, sepulang kerja bergabung dengan rekannya menerima jasa bengkel mobil di tanah sewa di Pondok Indah IV daerah Gatot Subroto Barat, yang menerima perbaikan dan perawatan mobil produk Asia (Jepang, Korea & China) dan mobil produk Eropa. Dengan berbekal pengalaman di bengkel umum sebelumnya dan bengkel resmi TOYOTA, meskipun terkena dampak pandemi CoViD-19, bengkel ASIAROPA tetap eksis dan tetap berusaha memperoleh kepercayaan pelanggannya. Sebelum diadakan pengabdian masyarakat ini, pencatatan jurnal transaksi keuangan dilaksanakan secara manual, yaitu mencatat transaksi arus keuangan baik uang masuk maupun keluar pada pembukuan. Selain itu mitra belum mempunyai stempel, logo dan papan nama yang memadai, serta pemasaran masih dilakukan secara konvensional. PKM ini berusaha membantu untuk mengembangkan usaha mitra sehingga: a. mempunyai stempel, logo dan papan nama yang  memadai, b. mempunyai keterampilan pencatatan pembukuan keuangan. Pada program lanjutan nanti diupayakan agar mitra mempunyai blog, akun SocMed untuk media informasi & berbagi pengetahuan pemeliharaan mobil, dan pemasaran memanfaatkan jaringan internet. Program pengabdian yang telah dilakukan tersebut dapat membantu mitra dalam menguatkan branding berupa pembuatan stempel, logo dan papan nama bengkel, pelatihan pencatatan pembukuan keuangan menggunakan Microsoft Excel

References

Munawir Nasir, Jafar Basalamah, Aditya Halim Perdana Kusumah. 2019. Kegiatan E-Marketing sebagai bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar, Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, http://journal.lldikti9.id/ CER/indexVol 1, No. 1, April 2019. Pp: 01-08.

Nugroho Anggun, Bagiarta Nyoman, Santoso Joko. 2020. PKM Pembuatan Logo dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Social Media pada Pabrik Roti “HM” Karangasem. WidyaBhakti: Jurnal Ilmiah Populer. Vol 2 No. 2 2020. 117-122.

Tim PusDikLat Kemenkeu. 2018. Pem-buatan Fungsi Excel Sendiri (VBA Macro). Materi DikLat VBA Macro. https://klc.kemenkeu.go.id/course/diklat-microsoft-excel-tingkat-tinggi/ curriculum/. Diakses terakhir 12 Maret 2023.

Pramita Yulinda Devi, dkk, 2023. Optimalisasi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Terdampak Pandemi Covid-19 di Desa Podosoko, Candimulyo, Kab. Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang.

Kusumajanti, Nashir Asep Kamaluddin, Widiastuti Ni Putu Eka, 2021. Pemberdayaan Kelompok Pembudidaya Lele di Desa Curug, Gunung Sindur, Bogor. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mathla’ul Anwar Banten.

Downloads

Published
2023-04-28

How to Cite

Nugroho, A., Iwan, I., & Ratu Asmara, A. A. G. A. P. (2023). Penguatan Branding Dan Pelatihan Manajemen Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Dan Kinerja Pada Bengkel Asiaropa Motor Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.251