Optimalisasi Penggunaan Google Form dan Bit.Ly Pada Annika Linden Centre

Authors

  • I Putu Gede Abdi Sudiatmika Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Wayan Widya Artana
  • Nyoman Bagus Paramartha

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.255

Keywords:

Annika_linden_center,form,google,bit.ly,pelatihan,pengabdian

Abstract

Annika Linden Center, sebuah lembaga sosial masyarakat yang berfokus untuk membantu yayasan puspadi bali untuk penyediaan kaki palsu dan yayasan D network untuk membantu penempatan kerja masyrakat dengan disabilitas. Pada masa pandemi covid-19 beberapa pegwai melalukan pekerjaan administrast dari rumah dan mengharuskan para staff dan tenaga terapi dalam bekerja  menggunakan media oline seperti microsoft office online. Keterbatasan kemampuan mereka dalam menggunakan office secara online menjadi masalah penting bagi annika linden center di masa pandemi. Pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan untuk form dengan menggunakan google form dan menggunakan bit.ly untuk membantu mereka dalam menyederhanakan link form yang akan mereka bagikan. Merujuk pada solusi yang ditawarkan, maka target Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah tenaga administrasi  mampu menggunakan Google form sebagai media penunjang penerimaan pegawai dan menyederhanakan link dengan bit.ly dengan rata-rata point pemahanan adalah  80-100 peserta dapat menerapkan pembuatan form menggunakan Google form dan menyederhanakan link dengan bit.ly. Target peserta dalam PKM ini berjumlah 15 orang tenaga pendidik adminstrasi. Metode yang digunakan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah pelatihan. Kegiatan pengabdian dibagi menjadi beberapa tahapan kerja yaitu; Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Evaluasi. Pada tahap perencanaan dilakukan sosisalisasi PKM kepada mitra, menyusun program dan modul pelatihan. Tahap pelaksanaan dilakukan pelatihan penggunaan Google form, bit.ly untuk menunjang proses administrasi kantor yang mereka lakukan selama masa pandemi. Pada tahap evaluasi dilakukan analisis terkait ketercapaian target pengabdian dan respon mitra terhadap pelaksanaan kegiatan. Tahap refleksi kegiatan dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kendala-kendala kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan peserta saat dilakukan pretest dengan rata-rata kemampuan 16,67 meningkat 73 poin menjadi rata-rata 90. Selain itu seluruh peserta memberikan respon positif terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Sudiatmika, I. P. G. A., Artana, W. W., & Paramartha, N. B. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form dan Bit.Ly Pada Annika Linden Centre. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(2), 66-74. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.255

Issue

Section

Articles