Optimalisasi Penggunaan Google Form dan Bit.Ly Pada Annika Linden Centre

Authors
  • I Putu Gede Abdi Sudiatmika Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Wayan Widya Artana
  • Nyoman Bagus Paramartha


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.255


Keywords: Annika_linden_center,form,google,bit.ly,pelatihan,pengabdian
Section: Articles

Abstract

Annika Linden Center, sebuah lembaga sosial masyarakat yang berfokus untuk membantu yayasan puspadi bali untuk penyediaan kaki palsu dan yayasan D network untuk membantu penempatan kerja masyrakat dengan disabilitas. Pada masa pandemi covid-19 beberapa pegwai melalukan pekerjaan administrast dari rumah dan mengharuskan para staff dan tenaga terapi dalam bekerja  menggunakan media oline seperti microsoft office online. Keterbatasan kemampuan mereka dalam menggunakan office secara online menjadi masalah penting bagi annika linden center di masa pandemi. Pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan untuk form dengan menggunakan google form dan menggunakan bit.ly untuk membantu mereka dalam menyederhanakan link form yang akan mereka bagikan. Merujuk pada solusi yang ditawarkan, maka target Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah tenaga administrasi  mampu menggunakan Google form sebagai media penunjang penerimaan pegawai dan menyederhanakan link dengan bit.ly dengan rata-rata point pemahanan adalah  80-100 peserta dapat menerapkan pembuatan form menggunakan Google form dan menyederhanakan link dengan bit.ly. Target peserta dalam PKM ini berjumlah 15 orang tenaga pendidik adminstrasi. Metode yang digunakan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah pelatihan. Kegiatan pengabdian dibagi menjadi beberapa tahapan kerja yaitu; Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Evaluasi. Pada tahap perencanaan dilakukan sosisalisasi PKM kepada mitra, menyusun program dan modul pelatihan. Tahap pelaksanaan dilakukan pelatihan penggunaan Google form, bit.ly untuk menunjang proses administrasi kantor yang mereka lakukan selama masa pandemi. Pada tahap evaluasi dilakukan analisis terkait ketercapaian target pengabdian dan respon mitra terhadap pelaksanaan kegiatan. Tahap refleksi kegiatan dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kendala-kendala kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan peserta saat dilakukan pretest dengan rata-rata kemampuan 16,67 meningkat 73 poin menjadi rata-rata 90. Selain itu seluruh peserta memberikan respon positif terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

References

A, Geminastiti Purinami, Nurliana Cipta Apsari, and Nandang Mulyana. 2019. “PENYANDANG DISABILITAS DALAM DUNIA KERJA.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial. Ariadhy, Shulby Yozar, Sabar Nurohman, Darol Arkum, and Widya Handini. 2020. “Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal ANOA. Aziz, Imam Abdul, Nurwahidin Nurwahidin, and Irwan Chailis. 2019. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENYALURKAN DONASI MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING BERBASIS ONLINE.” JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM 5(1). Epignosis. 2014. “E-Learning Concepts, Trends, Applications.” Book. Handayani, Indri, Qurotul Aini, Novi Cholisoh, and Iim Ilmiah Agustina. 2018. “Pemanfaatan Google Form Sebagai Pendaftaran TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) Secara Online.” Jurnal Teknoinfo. Hardianto, Roki. 2019. “Pelatihan Office Perkantoran Di Sma Pgri Pekanbaru.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Hasanah, Neneng. 2018. “Strategi Terapis Dalam Mendidik Kemandirian Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (SLB) WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 3(2): 66-74 74 Widyabhakti – Maret 2021 Sri Soedewi Masjchkun Sofwan Kota Jambi.” JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling) 1(1). P, Shareena, and Mahammad Shahid. 2020. “Work from Home during COVID-19 : Employees Perception and Experiences Dr . Shareena P Mahammad Shahid *.” Gjra - Global Journal for Research Analysis. Sudiatmika, I Putu Gede Abdi, and Komang Hari Santhi Dewi. 2018a. “Pengembangan Aplikasi Terapi Pengenalan Toilet Untuk Anak Autis Berbasis Android.” Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. ———. 2018b. “TOILET TRAINING THERAPY APPLICATION FOR CHILDREN WITH AUTISM BASED ON ANDROID.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Supriono, Fendi. 2015. “Implementasi Undang-Undang Yayasan Dalam Mencapai Maksud Dan Tujuan Yayasan.” Jurnal Ilmu Hukum Legal Opinion Vol. 3(No. 01). Wahyu, Agung Minto, and Mochammad Sa’id. 2020. “Produktivitas Selama Work from Home : Sebuah Analisis Psikologi Sosial ( Productivity during Work from Home : A Social Psychological Analysis ).” Jurnal Kependudukan Indonesia. Warsyah Saputra, Raden Adhi, B. Widjasena, and I. Wahyuni. 2014. “ANALISIS MANFAAT KAKI PALSU (PROTHESA) TERHADAP AKTIVITAS FISIK PADA KAUM DIFABEL (TUNA DAKSA) DI PAGUYUBAN PENYANDANG CACAT JASMANI DAN WIRAUSAHA.” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). Widiatry, Widiatry. 2020. “PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PENDAFTARAN DAN PENJADWALAN UJIAN SKRIPSI PADA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA BERBASIS WEBSITE.” Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika. Yosada, Kardius Richi, Mardawani Mardawani, and Agusta Kurniati. 2019. “PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF BAGI KELUARGA KURANG MAMPU SEBAGAI ALTERNATIF UPAYA PEMBERANTASAN KEMISKINAN.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa.

Downloads

Published
2021-04-29

How to Cite

Sudiatmika, I. P. G. A., Artana, W. W., & Paramartha, N. B. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form dan Bit.Ly Pada Annika Linden Centre. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(2), 66-74. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i2.255