Pelatihan Pengemasan dan Pemberian Label Kemasan Pada IRT Olahan Masakan Cumi

Authors
  • Ni Luh Ratniasih Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dwi Haryadi Nugraha Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gst Agung Ayu Uttami Vishnu P Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.258


Keywords: Masakan cumi, Kemasan, dan Label
Section: Articles

Abstract

Industri Rumah Tangga (IRT) mempunyai peranan yang cukup besar bagi kesejahteraan masyarakat. Sektor ini mampu menyerap tenaga kerja dan memberi peluang bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing dengan perusahaan yang lebih cenderung menggunakan modal besar (capital intensive). Tujuan kegiatan ini adalah memperbaiki kemasan produk mitra. Mitra kegiatan ini adalah Industi Rumah Tangga olahan masakan cumi yang terletak di daerah Denpasar-Bali. Permasalahan utama mitra adalah kemasan produk yang masih sederhana sehingga rentan terhadap minyak goreng dan belum adanya label pada kemasan yang mencantumkan identitas dan kontak mitra. Permasalahan mitra diatasi dengan pelatihan pengemasan produk untuk menambah pengetahuan mitra dalam pengemasan produk dan pemberian label kemasan sebagai identitas mitra agar lebih menarik konsumen. Luaran kegiatan ini adalah terciptanya kemasan baru, label pada kemasan serta meningkatnya pengetahuan mitra hingga 100% terkait kemasan dan label yang sesuai syarat dan ketentuan.

References

Alsuhendra, Ridawati. (2017). Pelatihan Pembuatan Kemasan Dan Label Makanan Bagi Pelaku Usaha Makanan Di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Jurnal Sarwahita Vol. 14(2). Christy, P. 2015. Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) pada Impulsive Buying. Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dissertation. Kartika, L. G. S, Antara, A. S. A. A. S, dan Rinartha, K. (2018). Penyuluhan Pengemasan dan Pemberian Label Kemasan Pada Usaha Minuman Tradisional di Mangupura Kabupaten Badung. Widyabhakti J. Ilm. Pop. 1(1):86-90. Klimchuck, MR. Krasovec, SA. 2006. Desain Kemasan.(Alih Bahasa dari Bahasa Inggris Bob Sabran). Jakarta (ID): Erlangga. [Judul asli: Packaging Design]. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 3(3): 1-7 7 Widyabhakti – Juli 2021 Kotler Philip. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi sebelas. Jakarta : PT. Indeks Meirina Kurnia. 2018. Kajian Pengolahan Cumi – Cumi (Loligo sp) Siap Saji. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Nugroho, S. B., Marino, A., Dwi H. A. (2019). Pendampingan Pemasaran Melalui Perbaikan Kemasan Produk Makanan Ringan Pengusaha Kecil di Semarang Utara. Jurnal PATRIA. 1(1). Setyaningsih D, Anton A, Maya P.S. 2010. Analisis Sensori Untuk Industri Pangan dan Argo. IPB Press. Bogor. Uchyani, R. dan Irianto. H., 2016. Pengembangan Pasar Produk Olahan Kacang Melalui Perbaikan Kemasan. AJIEAsian Journal of Innovation and Entrepreneurship. 1(1):62 – 67. Wardanu, A. P., Martanto, Uliyanti. 2018. Perbaikan Desain Kemasan Stik Ale- Ale Dan Stik Kangkung Produksi Kub Wida Mantolo Di Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang. DIFUSI. 1(2):11-21.

Downloads

Published
2021-07-31

How to Cite

Ratniasih, N. L., Haryadi Nugraha, D., & Uttami Vishnu P, I. G. A. A. (2021). Pelatihan Pengemasan dan Pemberian Label Kemasan Pada IRT Olahan Masakan Cumi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 1-7. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.258