Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Berupa Kegiatan Pelatihan Penggunaan Website Sebagai Model Transparansi Pelaporan Transaksi Bumdes di Desa Sebatu Bali

Authors
  • Yohanes Priyo Atmojo STMIK STIKOM Bali
  • I Gusti Rai Agung Sugiartha Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Muhammad Riza Hilmi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Darma Susila Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Bagus Suradarma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.261


Keywords: Bumdes, website, aplikasi bumdes
Section: Articles

Abstract

Desa adalah institusi dan entitas masyarakat hukum tertua yang bersifat asli. Keaslian desa terletak pada kewenangan otonomi dan tata pemerintahannya, yang diatur dan dikelola berdasarkan atas hak asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui sah oleh UUD Tahun 1945. Salah satu desa yang berada di kawasan kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar adalah desa Sebatu. Desa Sebatu merupakan desa yang cukup dikenal di kawasan Kabupaten Gianyar. Desa adat ini memiliki 8055 penduduk dengan 1932 KK. Saat ini desa Sebatu memiliki badan usaha yang dikelola secara mandiri yaitu BUMDES Sebatu. Pengelolaan BUMDES sudah menggunakan sistem terkomputerisasi, namun bentuk informasi terhadap pelaporan transaksi yang dikelola oleh BUMDes kepada masyarakat belum optimal. Tidak semua masyarakat di desa Sebatu dapat melihat, mengawasi dan memantau laporan keuangan dari badan usaha milik desa. Berdasarkan hal tersebut, maka diusulkan kegiatan pengabdian masyarakat berupa kegiatan pelatihan penggunaan website sebagai model transparansi pelaporan transaksi BUMDES di desa Sebatu. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dari pengelola BUMDes melalui kegiatan pelatihan. Disisi lain kegiatan ini juga membantu penyampaian informasi kepada masyarakat desa Sebatu terkait dengan laporan transaksi di BUMDes.  Keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat yang diusulkan, dapat diukur secara kuantitatif dengan mengevaluasi kemampuan peserta pelatihan dalam melakukan pengungahan data laporan transaksi dan jumlah penyampaian laporan keuangan BUMDES pada sistem antarmuka yang dibuat berbasis website dengan mengintegrasikan sistem BUMDES yang ada saat ini. Hasil sebuah produk tepat guna yaitu sistem antarmuka berbasis website yang menampilkan laporan transaksi BUMDes Desa Sebatu dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dari pegawai BUMDes sebagai pengelola aplikasi BUMDes yang diukur dari jumlah unggahan dokumen laporan transaksi.

References

Kurniawan, B. (2015). Desa Mandiri, Desa Membangun. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 3(3): 47-53 53 Widyabhakti – Juli 2021 Maryunani. (2008). Pembangunan BUMDes dan Pemberdayaan Pemerintah Desa. Bandung: CV Pustaka Setia. ------------. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/religius. Diakses 6 juli 2021 Putra, A. S. (2015). Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa (Cetakan Pe). Jakarta: Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia. Ramadana, C. (2013). Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai Penguatan Ekonomi Desa (Studi pada Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Downloads

Published
2021-07-31

How to Cite

Atmojo, Y. P., Rai Agung Sugiartha, I. G., Riza Hilmi, M., Darma Susila, I. M., & Suradarma, I. B. (2021). Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Berupa Kegiatan Pelatihan Penggunaan Website Sebagai Model Transparansi Pelaporan Transaksi Bumdes di Desa Sebatu Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 47-53. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.261