Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Anak-Anak SD Secara Daring di Banjar Penamparan Padangsambian Denpasar

Authors
  • Putu Devi Maharani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Nia Febriola Universitas Mahasaraswati


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.263


Keywords: covid -19, pendampingan belajar, Bahasa Inggris
Section: Articles

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 mengakibatkan perubahan pada berbagai sektor dalam kehidupan. Sektor pendidikan menjadi salah satu hal yg sangat drastis mengalami penyesuaian, yang mana para siswa sekolah dari PAUD hingga mahasiswa saat ini melaksanakan pembelajarannya secara daring dari rumah. Hal positif pelaksanaan pembelajaran secara daring ini adalah anak-anak akan lebih aman dari penyebaran virus, namun hal negatifnya adalah siswa merasa kurang dapat memahami materi pembelajaran yang diperoleh secara daring khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan fenomena tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini mengacu pada program kerja yang dapat membantu meningkatkan antusias siswa untuk belajar dengan tekun. Program kerja dalam pengabdian masyarakat ini adalah 1) membuatkan buku jurnal sebagai media perantara antara orang tua dan siswa, 2)memperkenalkan aplikasi-aplikasi belajar Bahasa Inggris, dan 3) mengadakan pendampingan yang rutin ke rumah siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode penyuluhan, metode pelatihan dan metode praktik yang dilaksanakan secara luring. Program kerja yang dirancang dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini telah terlaksana dengan baik. Anak-anak yang sebelumnya merasa terbebani dengan pembelajaran bahasa Inggris secara daring menjadi lebih memahami materi dan tertarik belajar setelah mengetahui penggunaan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang menarik.

References

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy:Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 284. Basilaia, G, & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5 (4). https://doi.org/10.29333/pr/7937 Darmalaksana, W., Hambali, R. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid- 19, 1-2. Darmayanti, N. W. ., & Sueca, I. N. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sd Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2 2 06 Fadhilaturrahmi. (2017). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu : Journal of Elementary Education, Vol. 1 No. 2, 76-84. Flipped Method dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19. (2020). Retrieved February 26, 2021, from WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 3(3): 60-69 69 Widyabhakti – Juli 2021 https://radarsemarang.jawapos.com/r ubrik/untukmu- guruku/2020/09/11/flipped-method- dalam-pembelajaran-bahasa-inggris- di-masa-pandemi-covid-19/ Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190-199. Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Edisi : 50, 2. Pakter, A. &. (2013). The Daily Text : Increasing Parental Involvement In Education With Mobile Text Messaging. Journal Education Technological System, Vol. 41 No. 4, 352-367. UNISSULA. (2020). Retrieved February 26, 2021, from http://unissula.ac.id/c24-berita- unissula/dampak-pembelajaran- daring-di-masa-pandemi-bagi- pendidikan-karakter/ User, S. (n.d.). Begitu Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Masa Depan. ICAN Education Consultant. https://www.ican- education.com/berita- event/news/pentingnya_belajar_baha sa_inggris#:~:text=Belajar%20bahas a%20Inggris%20itu%20sangat,dala m%20kancah%20nasional%20maup un%20internasional.

Downloads

Published
2021-07-31

How to Cite

Maharani, P. D., & Nia Febriola, N. K. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Anak-Anak SD Secara Daring di Banjar Penamparan Padangsambian Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 60-69. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.263