Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Anak-Anak SD Secara Daring di Banjar Penamparan Padangsambian Denpasar

Authors

  • Putu Devi Maharani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Nia Febriola Universitas Mahasaraswati

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.263

Keywords:

covid -19, pendampingan belajar, Bahasa Inggris

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 mengakibatkan perubahan pada berbagai sektor dalam kehidupan. Sektor pendidikan menjadi salah satu hal yg sangat drastis mengalami penyesuaian, yang mana para siswa sekolah dari PAUD hingga mahasiswa saat ini melaksanakan pembelajarannya secara daring dari rumah. Hal positif pelaksanaan pembelajaran secara daring ini adalah anak-anak akan lebih aman dari penyebaran virus, namun hal negatifnya adalah siswa merasa kurang dapat memahami materi pembelajaran yang diperoleh secara daring khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan fenomena tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini mengacu pada program kerja yang dapat membantu meningkatkan antusias siswa untuk belajar dengan tekun. Program kerja dalam pengabdian masyarakat ini adalah 1) membuatkan buku jurnal sebagai media perantara antara orang tua dan siswa, 2)memperkenalkan aplikasi-aplikasi belajar Bahasa Inggris, dan 3) mengadakan pendampingan yang rutin ke rumah siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode penyuluhan, metode pelatihan dan metode praktik yang dilaksanakan secara luring. Program kerja yang dirancang dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini telah terlaksana dengan baik. Anak-anak yang sebelumnya merasa terbebani dengan pembelajaran bahasa Inggris secara daring menjadi lebih memahami materi dan tertarik belajar setelah mengetahui penggunaan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang menarik.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Maharani, P. D., & Nia Febriola, N. K. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Anak-Anak SD Secara Daring di Banjar Penamparan Padangsambian Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 60-69. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.263

Issue

Section

Articles