PKM Pengerajin Perak di Desa Celuk Kabupaten Gianyar

Authors
  • Gusti Ngurah Mega Nata Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Putu Pande Yudiastra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Made Pradnyana Ambara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.267


Keywords: Digital marketing, media sosial, pengerajin perak
Section: Articles

Abstract

Dibatasinya pergerakan orang karena pendemi Covid19 sejak awal tahun  2020 lalu, membuat banyak UMKM sudah mengalami penurunan omset. Salah satu usaha yang cukup terdampak yaitu usaha kerajinan perak I Kadek Edik Aritama di desa Celuk Gianyar. Kegiatan ini bermaksud membantu usaha dari I Kadek Edik Aritama,  Permasalahan dari mitra yaitu produk mitra sepi pemesanan dari art shop di kawasan pariwisata yang juga sepi pembeli. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu ingin menyelesaikan permasalahan mitra. Mitra ingin melakukan digital marketing dan pembeli bisa membeli produknya secara online. Kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan pelatihan digital marketing dan pembuatan website usaha sebagai media promosi. Metode kegiatan dimulai dari sosialisasi, Pembuatan website, pelatihan digital marketing, dan evaluasi kegiatan. Luaran dari pelatihan ini berupa website promosi dengan url www.bali-souvenir.com sudah selesai di bangun 100%, serta meningkatkan promosi penjualan mitra sampai dengan 20% setelah kegiatan dilakukan.

References

Awaluddin M. (2015). No Title Digital Entrepreneur Shift. PT Gramedia Pustaka Utama. Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.201 6.11.006 Nata, G. N. M., Suryawan, I. K. D., & Yudiastra, P. P. (2018). Peningkatan Produktivitas Industri Rumah Tangga Jajan Tradisional Khas Gianyar. Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH, 9(1), 132–137. Ngurah, G., Nata, M., & Yudiastra, P. P. (n.d.). IRT Donat Kentang Dusun Sampiang Gianyar. 2(2), 69–75. Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 3(3): 70-77 77 Widyabhakti – Juli 2021 https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014. 07.002 Yudiastra, P. P., Ngurah, G., Nata, M., Bali, D., & Eksekutif, R. (2019). PKM : IRT PAKAIAN RAJUTAN DI KECAMATAN TABANAN. 10.

Downloads

Published
2021-07-31

How to Cite

Nata, G. N. M., Pande Yudiastra, P., & Pradnyana Ambara, M. (2021). PKM Pengerajin Perak di Desa Celuk Kabupaten Gianyar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 70-77. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.267