Pengembangan Corporate Identity UMKM Widi Karya Las Desa Penarungan, Badung

Authors

  • I G. B. A. Budaya
  • I P.A. Andana
  • P. P. A. Santoso

Keywords:

corporate identity, promosi, UMKM

Abstract

Mitra pada program inovasi teknologi Kabupaten Badung ini adalah Widi Karya Las yang berlokasi di Desa Penarungan, Kabupaten Badung. Jenis produk yang dihasilkan oleh UMKM yang didirikan oleh Bapak Putu Arya Widiana ini adalah pintu, kanopi, kandang hewan, dan sebagainya. Widi Karya Las sudah berdiri sejak tahun 2009, namun perkembangan usahanya tidak terlalu signifikan. Jumlah pesanan rata – rata tiap bulan adalah 2 sampai 3 pesanan dengan penghasilan rata-rata Rp 3 – 4,5 juta per bulan (untuk 2 orang). Angka ini masih di bawah UMR Kabupaten Badung tahun 2018, yakni Rp. 2.499.580,99. Guna memaksimalkan omset usaha, berbagi cara telah dilakukan, seperti promosi secara lisan (mulut ke mulut) dan tertulis melalui brosur. Keterbatasan waktu dan dana, membuat Widi Karya Las menghentikan teknik promosi ini, tanpa hasil yang optimal. Solusi yang ditawarkan melalui program inovasi teknologi ini adalah pengembangan corporate identity untuk mitra yang terdiri atas logo usaha, brand book, video promosi, dan website profile. Corporate identity diyakini mampu membantu mitra dalam mengoptimalkan proses promosi dan pemasaran produk secara online. Promosi dan pemasaran yang dilakukan secara online dapat menembus batasan ruang dan waktu sehingga mampu mengoptimalkan pendapatan. Di samping itu, karya inovasi ini mampu mengakselerasi masyarakat untuk menghadapi persaingan usaha di era industri 4.0.

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

Budaya, I. G. B. A., Andana, I. P., & Santoso, P. P. A. (2018). Pengembangan Corporate Identity UMKM Widi Karya Las Desa Penarungan, Badung. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 124-129. Retrieved from https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/27

Issue

Section

Articles