Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Pemasaran Dan Manajemen Keuangan Pada IRT Keripik Bawang

Authors
  • I Made Budi Adnyana ITB STIKOM Bali
  • Ni Wayan Deriani ITB STIKOM Bali
  • I Made Pasek Pradnyana Wijaya ITB STIKOM Bali
  • Rara Febyan Damayanti ITB STIKOM Bali
  • Nyoman Setiawan Jordy Wiguna Sujana ITB STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.273


Keywords: keripik bawang, pelatihan, media sosial, manajemen keuangan
Section: Articles

Abstract

Industri Rumah Tangga (IRT) Keripik Bawang yang dikelola oleh Ibu Sintya Sumartini berdiri sejak tahun 2018 dan terletak di Banjar Anyar, Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara. Pemasaran produk masih dilakukan secara lokal dengan menawarkan langsung ke warung dan toko sekitar, belum memanfaatkan teknologi media sosial sehingga sulit untuk memperluas pasar. Produk mitra juga belum memiliki logo atau label kemasan sehingga kurang menarik dan kurang diingat oleh masyarakat. Manajemen keuangan yang dilakukan oleh mitra pun masih tidak terstruktur dengan baik dan belum memanfaatkan teknologi informasi sehingga seringkali mitra menemui kendala dalam pencatatan penjualan, pengeluaran, dan laba rugi tiap bulannya. Adapun tahapan yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan mitra yaitu dengan memberikan pelatihan pemasaran menggunakan media sosial Instagram, pelatihan desain label kemasan sederhana, serta memberikan pelatihan manajemen keuangan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Tahap berikutnya adalah evaluasi dimana pada tahap ini akan dilakukan perbandingan antara kondisi sebelum dan sesudah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini pada IRT Keripik Bawang. Hasil evaluasi ini akan dapat dijadikan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.

Downloads

Published
2021-07-31

How to Cite

Adnyana, I. M. B., Deriani, N. W., Wijaya, I. M. P. P., Damayanti, R. F., & Sujana, N. S. J. W. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Pemasaran Dan Manajemen Keuangan Pada IRT Keripik Bawang. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 99-104. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.273