Optimasi Tatakelola Usaha UKM Jaengati di Masa Pandemi

Authors
  • I Ketut Dedy Suryawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Wayan Karang Utama
  • I Komang Try Adi Stanaya


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.284


Keywords: UKM Jaen Gati, Kacang kapri, Oleh – Oleh Bali
Section: Articles

Abstract

Pelaksanaan pengabdian di UKM Jaen Gati bertujuan untuk meningkatkan tatakelola usaha sehingga lebih mengedepankan manajemen berbasis teknologi digital. Hal ini dilakukan untuk mendukung transformasi tatakelola konvensional yang dilakukan selama ini dalam hal pencatatan order melalui Whatsapp atau telpon dan pembayaran melalui buku dan Microsoft Excel sederhana. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan untuk digitalisasi tersebut yaitu dengan berbagai pelatihan seperti pemakaian aplikasi Buku Warung untuk UMKM, Instagram Bisnis, Microsoft Excel dan pembangunan web sebagai media pemasaran dan branding. Peningkatan kualitas kemasan dilakukan penyerahan alat berupa sealer. Alat ini ditujukan agar proses dan kualitas kemasan bisa lebih erat dan bagus karena produk dibungkus dengan plastik. Hasil pengabdian menunjukan adanya web branding usaha, lalu mitra mampu menggunakan aplikasi Buku Warung untuk mencatat penjualan, mitra mempunyai Instagram Bisnis serta kemasan yang lebih aman dan tahan lama karena penggunaan vacuum sealer kepada mitra

References

Canon, Joseph. P, dkk,. 2008. Pemasaran Dasar, Buku I Edisi 16. Salemba Empat Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Januari 2013. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 1 dan 2. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta. Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. edisi Kedua belas. Erlangga. Jakarta Usmara, A, 2008. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Jakarta: Amara Books

Downloads

Published
2021-11-28

How to Cite

Suryawan, I. K. D., Utama, I. W. K., & Stanaya, I. K. T. A. (2021). Optimasi Tatakelola Usaha UKM Jaengati di Masa Pandemi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(1), 21-26. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.284