Optimasi Tatakelola Usaha UKM Jaengati di Masa Pandemi

Authors

  • I Ketut Dedy Suryawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Wayan Karang Utama
  • I Komang Try Adi Stanaya

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.284

Keywords:

UKM Jaen Gati, Kacang kapri, Oleh – Oleh Bali

Abstract

Pelaksanaan pengabdian di UKM Jaen Gati bertujuan untuk meningkatkan tatakelola usaha sehingga lebih mengedepankan manajemen berbasis teknologi digital. Hal ini dilakukan untuk mendukung transformasi tatakelola konvensional yang dilakukan selama ini dalam hal pencatatan order melalui Whatsapp atau telpon dan pembayaran melalui buku dan Microsoft Excel sederhana. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan untuk digitalisasi tersebut yaitu dengan berbagai pelatihan seperti pemakaian aplikasi Buku Warung untuk UMKM, Instagram Bisnis, Microsoft Excel dan pembangunan web sebagai media pemasaran dan branding. Peningkatan kualitas kemasan dilakukan penyerahan alat berupa sealer. Alat ini ditujukan agar proses dan kualitas kemasan bisa lebih erat dan bagus karena produk dibungkus dengan plastik. Hasil pengabdian menunjukan adanya web branding usaha, lalu mitra mampu menggunakan aplikasi Buku Warung untuk mencatat penjualan, mitra mempunyai Instagram Bisnis serta kemasan yang lebih aman dan tahan lama karena penggunaan vacuum sealer kepada mitra

Downloads

Published

2021-11-28

How to Cite

Suryawan, I. K. D., Utama, I. W. K., & Stanaya, I. K. T. A. (2021). Optimasi Tatakelola Usaha UKM Jaengati di Masa Pandemi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(1), 21-26. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.284

Issue

Section

Articles